Follow Us

Ahmad Dhani soal Musik Elektronik: Dewa 19 Adalah Band yang Menggunakan Sequencer dari Awal!

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:35
Personel Dewa 19 di awal terbentuk
instagram.com

Personel Dewa 19 di awal terbentuk

HAI-Online.com – Sebagai sosok yang dikenal blakblakan mengutarakan opininya, Ahmad Dhani nggak segan-segan mengungkapkan apa yang membuat Dewa 19 berbeda dari band-band lain.

Yup, sebagai band yang dinilai cukup sukses di era 90-an hingga awal 2000-an membuat Dewa 19 mau nggak mau disandingkan dengan beberapa kelompok musisi lain di era yang sama.

Ahmad Dhani menyebut sound Dewa 19-lah yang menjadi faktor pembeda antara band besutannya dengan band-band top lain di Indonesia, sebut saja Sheila on 7, Padi, Slank hingga Kahitna.

“Misal antara Dewa dengan Padi atau Sheila on 7. Padi itu nggak punya pemain keyboard. Sheila on 7 juga nggak punya pemain keyboard. Jadi bisa dipastikan soal sound dan lain-lain pasti lebih kaya band yang punya pemain keyboard. Rumusnya kira-kira seperti itu,” jelas Dhani dalam pernyataannya lewat channel YouTube Video Legend, Februari tahun lalu.

Ia juga membandingkan Dewa 19 dengan Kahitna yang juga cukup booming pada masanya.

"Yovie Widianto itu pemain piano, jadi dia bukan pemain synthesizer. Sedangkan Dewa 19 itu mostly synthesizer, mostly elektronik," lanjutnya.

Baca Juga: Lagu Kangen Dewa 19 Jadi Hits Kebantu Orang Indonesia, Ahmad Dhani: Belum Tinggi Selera Musik Kita Saat Itu

Meski begitu, ia nggak menampik fakta bahwa visinya dengan personel lain kerap menjadi sandungan dalam proses produksi sebuah album.

“Selera pemain keyboard itu pastinya berbeda dengan seorang gitaris. Jadi, cara pemain keyboardist mengarang lagi itu pakemnya nggak sama dengan pemain gitar."

“Jadi kadang-kadang pun selera saya sama Andra nggak sama," tuturnya.

Namun, bukan Dhani namanya kalo nggak yakin dengan pendapatnya. Walau perbedaan visi tersebut menurutnya bisa jadi kendala, ia justru melihat hal ini punya keuntungan buat Dewa 19.

"Soal aransemen dan produksi, pemain keyboard biasanya lebih banyak punya visi soal bagaimana aransemen, bagaimana sound, bagaimana ketukan drum, drum sample-nya," beber Dhani.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest