Follow Us

Puji Addie MS Pas Garap Album Utha Likumahuwa, Ahmad Dhani: Aransemennya Gila

Ferry Budi Saputra - Jumat, 03 September 2021 | 17:10
Ahmad Dhani
YouTube/ Video Legend

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Ahmad Dhani secara blak-blakan memuji Addie MS dalam hal mengaransemen album Utha Likumahuwa.

Baca Juga: Sebut Ahmad Dhani Jenius, Ari Lasso: Dhani Ciptain Lagu Itu Benar-benar dengan Membayangkan Suara Gue

Ahmad Dhani mengatakan hal tersebut bukan tanpa alasan. Seperti diketahui album Utha Likumahuwa itu diaransemen oleh Addie MS ketika usianya masih muda.

Berawal dari obrolan soal siapa yang lebih jenius antara Addie MS dan Andi Rianto dalam mengaransemen lagu. Menurut Ahmad Dhani, pembahasan tersebut nggak bisa dilakukan dengan asumsi.

"Kalo kita mau bandingin Addie MS sama Andi Rianto. Addie MS tuh seumur Al udah produksi album dan aransemen string. Gue dengerin ke Al, nih album Utha Likumahuwa. Aransemennya ini gila nih, ini seumur kamu udah kayak gini. Nah, Andi Rianto waktu seumur 23 ngapain dia, nah itu," ucap Ahmad Dhani di YouTube Video Legend.

Addie MS memang ketika muda sudah mengambil alih album Utha Likumahuwa berjudul 'Aku Pasti Datang' yang rilis pada tahun 1985. Album tersebut ditangani penuh oleh komponis tersebut dan meledak di pasaran.

Baca Juga: Gara-gara Cewek Ini, Ahmad Dhani Pernah Bikin Ribut Antar SMA Sampai Sekolah Diliburin

Ternyata kehebatan Addie MS dalam mengaransemen lagu inilah yang menjadi inspirasi bagi Ahmad Dhani. Saat mengaransemen lagu Dewa 19, dia mengatakan perbedaan part interlude terinspirasi dari Addie MS.

"Gue banyak belajar dari Addie MS soal itu. Makanya kalo dengerin lagu-lagu Dewa, lagu misalnya chordnya gini, interlude-nya gini. Itu yang ngajarin di Indonesia namanya Addie MS," ungkap Ahmad Dhani.

Musisi itu juga mengungkapkan lagu yang bagus bukan cuma lagunya yang diinget orang tapi aransemennya juga, seperti lagu Roman Picisan. Dia mengibaratkan ketika orang dengerin lagu itu, otomatis aransemennya akan melekat diingatan.

Ahmad Dhani mengungkapkan cara itu adalah ajaran Addie MS. Menurutnya, aransemen yang kuat membuat orang akan mudah mengingat lagu tersebut. (*)

Baca Juga: 'Laskar Cinta' Dianggap Bawa Pesan Perdamaian, Ahmad Dhani: Apa yang Saya dan Bono Lakukan Itu Hampir Sama

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest