Follow Us

Makna di Balik lagu Slank Dance, Bimbim: Lagu Itu Melambangkan Demokrasi

Ferry Budi Saputra - Minggu, 29 Agustus 2021 | 16:05
Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)
YouTube/ Slank Music

Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)

HAI-Online.com - Bimbim dan Kaka menceritakan kisah di balik lagu Slank Dance yang dijadikan soundtrack film Generasi Biru (2009).

Baca Juga: Kenapa Slank Selalu Kasih Bonus di Setiap Albumnya? Ternyata Ada Makna Penting di Baliknya

Menurut Bimbim, saat itu Slank memang ingin membuat theme song untuk film tersebut. Dia menuturkan saat syuting sudah berjalan, mereka sama sekali belum mendapatkan ide untuk lagu baru seperti apa yang akan jadi soundtrack film tersebut.

Kaka mengungkapkan ide lagu Slank Dance berawal dari adegan Bimbim interaksi dengan anak kecil dalam film Generasi Biru garapan Garin Nugroho. Dalam adegan itu, ada anak kecil ngumpet di dalam kolong dan Bimbim mengajak anak itu untuk keluar.

Maka, interaksi itu yang dijadikan lirik "Jangan Takut, Keluarlah". Bimbim mengaku dari kalimat itu dia terusin hingga menjadi lagu Slank Dance. Selain itu, koreografinya juga dibuat khusus oleh Eko Supriyanto.

Kaka juga mengungkapkan kalau video klip lagu Slank Dance dibuat oleh anak dari Garin Nugroho. Menurutnya, konsep video klip itu terbilang unik karena menari sambil nggak pakai baju.

Baca Juga: Cerita di Balik Jeep Bersejarah Slank, Bimbim: Udah Pernah Dibenerin 2 Orang, yang Satu Meninggal

"Konsepnya kita keliling Jakarta sambil koreografi tarian itu, berjejer nggak pake baju. Di depan istana, ke depan MK, ke depan DPR. Sambil diselipin footage dari film Generasi Biru," ungkap Kaka dalam YouTube Slank Suka2.

Melanjutkan cerita Kaka, Bimbim mengatakan kalau lagu Slank Dance itu bagi mereka disebut sebagai Idiot Dance karena gerakannya yang kaku dan sambil berbaris.

"Basicnya ya itu maksudnya jangan takut bersuara lah," ungkap Kaka. Bimbim menambakan, "Sebego lo nggak bisa dance, cuek aja gitu. Itu melambangkan demokrasi, ayo ini era demokrasi, era keterbukaan, ayo keluar ayo bicara, ayo berdansa, jangan takut selama kita benar dan baik, selama kita nggak melanggar hukum," ucapnya.

Terkait dengan makna lagu itu, wajar saja jika video klipnya mengambil gambar di berbagai tempat penting seperti di DPR, MK dan Istana Presiden.

Mengenai tarian lagu Slank Dance yang dibuat oleh Eko Supriyanto. Bimbim mengucapkan terima kasih kepadanya karena telah dibuatkan koreografi yang simpel tetapi nonjok.

Baca Juga: Bukan Gara-gara Film Get Married Doang, Ini Alasan Slank Remake Lagu Pandangan Pertama Ciptaan A. Rafiq

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest