Follow Us

Kenapa Slank Selalu Kasih Bonus di Setiap Albumnya? Ternyata Ada Makna Penting di Baliknya

Ferry Budi Saputra - Senin, 23 Agustus 2021 | 15:45
Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)
YouTube/ Slank Music

Kaka (kiri) dan Bimbim Slank (kanan)

HAI-Online.com - Ngomongin soal album Slank, pasti sudah tahu kalau di setiap albumnya terdapat bonus yang berbeda-beda. Terkait bonus di setiap album Slank, Bimbim dan Kaka menjelaskan kenapa harus ada bonus itu.

Baca Juga: Bukan Gara-gara Film Get Married Doang, Ini Alasan Slank Remake Lagu Pandangan Pertama Ciptaan A. Rafiq

Ternyata alasannya untuk mengantisipasi era pembajakan dari mulai kaset hingga CD. Menurut Bimbim saat era CD, orang paling gampang dan cepat untuk melakukan pembajakan.

"Jadi kita antisipasi dengan bonus. Itu bukan mau menghindari pembajakan, cuma mau mengajarkan ke penggamar ketika beli tau wah ini bajakan nih," ungkap Bimbim dalam YouTube Slank Music.

Menurut Kaka kalau untuk menghindari dari pembajakan itu dinilai sulit. Bonus itu tujuan utamanya mengajarkan pembeli atau Slankers bisa ngebedain mana yang asli dan mana yang bajakan. Dia menyampaikan kalau nggak ada bonusnya berarti bukan keluaran Slank asli.

Selain itu, Bimbim mengatakan ada satu album yaitu Palalopeyank yang bonusnya sengaja dibikin beda untuk menipu si pembajak. Satu album yang sama, tetapi cetakan pertama itu beda gambar dengan cetakan kedua.

"Kita mesti lebih cepet, lebih kreatif daripada pembajaknya gitu. Tapi, ya tetep nggak bisa dilawan yang kayak gitu-gitu. Kita butuh respect penggemar. Istilahnya kalo kita mencintai, menggemari seseorang apalagi musisi ya kita wajib beli aslinya, kita wajib menyokong mereka dengan membeli produk-produk aslinya," ujar drummer tersebut.

Baca Juga: Cerita di Balik Album Akustik Slank 'Slow But Sure', Bonusnya Dapat Celana Dalam!

Mengenai bonus album yang berkesan, Kaka mengatakan album 11 yaitu Satu Satu yang memiliki filosofi one on one. Seperti diketahui bonus untuk album itu cukup unik yaitu kondom.

Kebetulan di saat album itu mau keluar, Slank sedang melakukan campaign bersama Baby Jane soal bahaya AIDS dan seks bebas. Makanya bonus album itu berupa kondom.

"Bulannya sama tuh hari AIDS sedunia sama album Slank keluar, Desember kan. Biar sama akhirnya pada saat itu bonusnya terpikirnya kondom," tutur Kaka.

Memang kalau tiap membeli album Slank, pasti selalu dapat bonus di antaranya ada celana dalam, kalung hingga kondom. Jadi salah satu cara yang kreatif untuk mengantisipasi pembajakan.

Baca Juga: Cerita di Balik Jeep Bersejarah Slank, Bimbim: Udah Pernah Dibenerin 2 Orang, yang Satu Meninggal

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest