Follow Us

Lagu 'Suara Alam' Milik Dewa 19 Ternyata Pake Alat Musik Tradisional Jerman

Ferry Budi Saputra - Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:35
Dewa 19 formasi Pandawa Lima, Wong Aksan ada di sebelah kanan.
HAI

Dewa 19 formasi Pandawa Lima, Wong Aksan ada di sebelah kanan.

HAI-Online.com - Album Pandawa Lima seperti diketahui menjadi album yang berbeda dari Dewa 19 termasuk dari segi unsur musiknya.

Baca Juga: Peringati 30 Tahun Dewa 19 Berkarya, Ahmad Dhani Bakal Rilis Lagu Baru Bareng Ari Lasso Januari 2022

Lagu-lagu dalam album tersebut begitu populer, sebut saja Kirana, Kamulah Satu-Satunya hingga Selatan Jakarta.

Berbicara mengenai album Pandawa Lima, Ari Lasso mengatakan kalau lagu di album tersebut bisa dibilang mendahului zamannya.

Menurutnya, lagu-lagu dalam album tersebut sebenarnya tampak sederhana tetapi nyatanya cukup rumit aransemen musiknya, "Ada unsur alternatif kental, tapi beberapa interlude-nya Dhani itu ngisinya sangat jazz," ungkapnya dalam YouTube Video Legend.

Bahkan, ada salah satu lagu berjudul Suara Alam, ternyata ada unsur musik Jerman yang dimasukkan. Faktanya bagian gitar dalam lagu tersebut diisi bukan oleh Andra Ramadhan melainkan gitaris dari Jerman saat mixing.

Baca Juga: Jelasin Perbedaan Dewa 19 dengan Slank, Ahmad Dhani: Beda Pasar, Pasarnya Dewa yang Bisa Beli Tiket Mahal

"Ada beberapa juga ternyata suara musiknya yang selama ini dipikir berasal dari keyboard, ternyata berasal dari suara alat musik tradisional Jerman," ucap Ari Lasso.

Dia juga menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari album Pandawa Lima yang sound dan produksinya begitu internasional.

Sementara itu, Ari Lasso juga mengungkapkan karena lagu Selatan Jakarta membuat Dewa 19 dibenci karena terlalu mengagungkan daerah Jakarta Selatan.

Memang jika dilihat dari lirik lagu Selatan Jakarta, banyak tempat yang disebutkan hanya terdapat di daerah Jakarta Selatan seperti Mal Pondok Indah, Mahakam hingga Kemang.

Menanggapi hal itu, lagu Selatan Jakarta memang sengaja ditulis Ahmad Dhani karena dia secara terang-terangan menyukai daerah Jakarta Selatan.

Baca Juga: MALIQ & D’Essentials Akui Cover Lagu Dewa 19 Adalah 'Beban', Ahmad Dhani: Alhamdulillah Mereka Artis Kreatif

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest