Follow Us

Lagu Kangen Dewa 19 Jadi Hits Kebantu Orang Indonesia, Ahmad Dhani: Belum Tinggi Selera Musik Kita Saat Itu

Ferry Budi Saputra - Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:05
Dewa 19 - Kangen
YouTube/ Aquarius Musikindo

Dewa 19 - Kangen

HAI-Online.com - Ahmad Dhani mengungkapkan waktu awal Dewa 19 mulai berkarier dengan lagu Kangen, mereka terbantu dengan selera musik di Indonesia saat itu.

Baca Juga: Slank Pengaruhi Dewa 19, Ahmad Dhani: Kalo Nggak Ada Slank, Nggak Berani Kita Bikin Musik

Ahmad Dhani yang saat itu berusia 19 tahun bersama personel lainnya memutuskan berangkat ke Jakarta untuk rekaman lagu, mengatakan kalau lagu Kangen sebenarnya itu bukan rock banget melainkan slow rock.

Menurut dia lagu Kangen saat itu begitu sesuai dengan zaman dan selera musik di Indonesia, makanya bisa menjadi lagu yang hits

"Niatnya slow rock. Itu matching sama zamannya, saat orang-orang belum tinggi seleranya terhadap musik," ungkap Ahmad Dhani kepada Helmy Yahya di channel YouTube Helmy Yahya Bicara.

Musisi tersebut juga mengatakan apabila saat itu selera musik orang Indonesia berbeda dengan musik Dewa 19, pasti lagu Kangen nggak akan populer.

"Kalo seandainya waktu itu orang Indonesia selera musiknya tinggi banget, ya mungkin Dewa juga nggak menjadi perhatian. Karena waktu itu mungkin kita kebetulan selera musiknya bareng beranjaknya sama orang Indonesia saat itu tuh bareng gitu," ucapnya.

"Jadi waktu bikin Kangen yang menurut saya itu lagu kacangan ya, tapi kebetulan seleranya masyarakat Indonesia ya segitu," kata Ahmad Dhani.

Baca Juga: Bahas Orang yang Bilang Lagu Dewa 19 Lebih Bagus Tahun 90-an, Ahmad Dhani: Wajar Lah, Itu Kan Masanya Mereka

Menurutnya karena selera musik orang Indonesia saat itu selalu sesuai terus dengan musik Dewa 19, maka lagu apa saja yang diciptakan oleh Dewa 19 selalu diterima dengan baik.

"Kebetulan juga seleranya berkembang bareng-bareng selera kita juga. Jadi saat kita bikin lagu Kirana yang berat, orang Indonesia nerima juga gitu, sampai akhirnya album Bintang Lima," pungkasnya.

Ahmad Dhani juga menyayangkan selera musik Indonesia yang turun lagi ketika mereka meluncurkan single terakhir Dewa 19 di tahun 2010 berjudul Bukan Cinta Manusia Biasa, yang menurutnya segala elemen didalamnya begitu bagus.

"Makanya ketika kita bikin single terakhir Dewa taun 2010 bener-bener nggak laku single-nya. Karena menurut kita itu musiknya bagus, sound-nya bagus, suara Once bagus, aransemennya bagus tapi nggak laku," tutur Ahmad Dhani. (*)

Baca Juga: Once Bawa Pengaruh untuk Dewa 19 di Album Bintang Lima, Ahmad Dhani: Dewa dan Aransemennya Mahal Setelah Once Masuk

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest