Follow Us

Sosok Legendaris Ini yang Bikin Ahmad Dhani Ngulik Banyak Soal Musik Elektronik

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 18 Agustus 2021 | 18:35
Ahmad Dhani menyebut Andy Ayunir sebagai salah satu mentornya dalam musik elektronik.
Kolase Tribun News

Ahmad Dhani menyebut Andy Ayunir sebagai salah satu mentornya dalam musik elektronik.

HAI-Online.com – Ada banyak musisi yang menginspirasi perjalanan bermusik Ahmad Dhani hingga seperti sekarang ini, salah satunya mendiang Andy Ayunir.

Pentolan Dewa 19 tersebut sampai menyebut produser, arranger, dan komposer kelahiran Tanjungpinang, Kepulauan Riau, 29 November 1966 tersebut sebagai salah satu sosok yang membuat dia nggak ragu buat memasukkan unsur elektronik ke dalam lagu-lagu Dewa 19.

Nggak heran, ia pun menjadikan Andy Ayunir, yang diketahui pernah menimba ilmu musik di Berklee College of Music, Amerika Serikat pada 1989 sebagai salah satu ‘guru’-nya dalam bermusik, khususnya elektronik.

Andy yang ikut menggarap lagu-lagu dari musisi papan atas Tanah Air mulai dari Titi Dj, Ruth Sahanaya, KLA Project, Padi hingga /rif dinilai Dhani emang termasuk avant garde pada masanya.

"Dulu jamannya sebelum pake komputer, Andy udah duluan pake komputer. Pokoknya dia selalu duluan, maju ke depan," ungkap Dhani, seperti dikutip dari channel YouTube Video Legend yang diunggah pada Maret lalu.

Baca Juga: Gara-Gara Vina Panduwinata, Ahmad Dhani Mau Dengerin Musik Indonesia

Bahkan bisa jadi, sosok Andy Ayunir-lah yang membuat Dhani ngerasa lebih cocok disebut sebagai kibordis, bukan pianis.

"Saya bisa sih main piano, tapi nggak jago-jago amat," kelakarnya.

Musik elektronik yang diusung Andy Ayunir jugalah yang membuat Dhani—yang kala itu masih 'mencari' sosok mentor dalam hal bermusik—banyak belajar darinya.

"Karena Andy Ayunir adalah salah satu pemain kibord elektronik. Banyak pemain keyboard, tapi tidak masuk dalam kategori elektronik,” bebernya.

Ia menambahkan, “Kalo sekarang saya, dulu tuh ada Andy Ayunir. Jadi hampir semua musik yang dia pegang, itu memang elektronik."

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Sering Diundang di TV Swasta Jadi Bukti Dewa 19 Masih Digemari

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest