Follow Us

6 Tips Simpel Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Terapin Rumus 20-20-20

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 10 Agustus 2021 | 10:15
Cowok berkacamata
mvmt

Cowok berkacamata

HAI-Online.com – Sebagai salah satu panca indra yang vital, kondisi mata udah seharuskan kita jaga sebaik mungkin.

Sayangnya, hal ini belum disadari oleh sebagian dari kita dan menganggap sepele kesehatan mata.

Padahal kesehatan mata sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari, bukan hanya buat mereka yang berkacamata, tetapi juga bagi orang sehat. Terlebih melihat kebiasaan kita yang sering menatap layar ponsel.

Tentu kalian nggak mau kan kena risiko kebutaan, katarak, glaukoma, dan degenerasi makula terkait usia?

Melansir Kompas Health pada Senin (9/8/2021), ada beberapa tips simpel yang bisa kalian terapin untuk menjaga kesehatan mata. Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Terapkan pola makan sehat

Jenis makanan punya pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh, tak terkecuali mata. Ini karena makanan menjadi sumber nutrisi yang diperlukan tubuh. Merangkum dari Web MD, nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi bagi mata, di antaranya: Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya Telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sumber protein bukan daging lainnya Jeruk dan buah atau jus jeruk lainnya Tiram.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, mengatur pola makan penting bagi kesehatan tubuh keseluruhan yang nantinya mempengaruhi kesehatan mata. Pola makan sehat menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Baca Juga: 5 Tips Isolasi Mandiri bagi Pasien Covid-19 Menurut Guru Besar Kedokteran Unair

2. Berhenti merokok

Seperti yang kita tahu, merokok berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan. Nah untuk mata, merokok membuat kamu lebih mungkin terkena katarak, kerusakan pada saraf optik, hingga degenerasi makula.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest