Follow Us

Kayak Olahraga, Meditasi Itu Banyak Macemnya, Simak 7 di Antaranya Nih

Dok Grid - Kamis, 22 Februari 2024 | 11:51
Meditasi ada banyak macamnya
Binja69/Pixabay

Meditasi ada banyak macamnya

HAI-Online.com – Mungkin sebagian dari kalian menganggap meditasi sebagai kegiatan yang melulu dilakukan dengan memejamkan mata, duduk bersila, dan menangkupkan tangan. Namun sebenarnya meditasi nggak cuma mencakup itu lho, sob.

Bahkan aktivitas seperti bergerak dan berolahraga juga termasuk jenis meditasi yang bisa ngasih kalian manfaat luar biasa seperti ketenangan dari kecemasan

Seperti halnya olahraga, ternyata meditasi pun punya jenis yang beragam. Mulai dari meditasi mindfulness, meditasi visual, hingga meditasi movement. Kita tinggal menyesuaikan jenis meditasi yang cocok buat kebutuhan kita.

"Memang banyak pemula meditasi yang bingung memilih jenis meditasi yang paling cocok dengan mereka. Bukan masalah, itu wajar karena mereka nggak mau salah langkah," Prita Yulia Maharani, M.Psi., konselor dan psikolog dari aplikasi meditasi Riliv.

Untuk itu, Prita menyarankan agar sebaiknya pemula nggak terlalu musingin soal memilih jenis meditasi.

"Nggak ada jenis meditasi yang lebih baik dari yang lainnya. Kalau kamu suka suatu jenis meditasi dan ingin melakukannya secara berulang, itulah meditasi yang cocok untukmu. Pokoknya apapun meditasi yang kamu suka, yang penting dilakukan," jelasnya.

Baca Juga: Rindu Ternyata Punya Dampak Buruk ke Kesehatan Mental, Ungkap Studi

Nah biar kalian nggak bingung dalam memilih, simak nih 5 jenis meditasi yang bisa kalian praktikkan di rumah, khususnya selama pandami ini biar kesehatan mental kalian bisa terjaga.

1. Meditasi mindfulness

Meditasi mindfulness ini adalaha jenis meditasi yang menggabungkan konsentrasi dan kesadaran. Meditasi ini mengajarkan kamu untuk fokus ke momen saat ini, bukan ke masa lalu atau masa depan.

Saat melakukan meditasi mindfulness, kamu harus memusatkan perhatian pada keadaan di sekitarmu.

Nah biar lebih afdol, jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, sebab meditasi mindfulness punya banyak manfaat. Peneliti menunjukkan bahwa meditasi ini dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan stres.

2. Meditasi fokus

Meditasi ini sangat cocok buat kamu yang sering ngalamin susah fokus dan konsentrasi. Meditasi ini akan melibatkan panca inderamu untuk tetap berkonsentrasi.

Editor : optimization

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular