Follow Us

Usir Stres saat Pandemi, Lakukan Meditasi Pernapasan yang Punya 5 Manfaat Baik Ini

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 29 Juli 2021 | 07:18
Murid yang sedang bermeditasi
Demilked

Murid yang sedang bermeditasi

HAI-Online.com – Nggak bisa dipungkiri, pandemi global yang berlangsung saat ini bisa bikin kita mengalami stres di rumah.

Meski begitu, kalian sedikit demi sedikit mengatasinya dengan melakukan olahraga sederhana yang bisa kalian lakukan sendiri dari rumah, yakni lewat meditasi pernapasan.

Melalui siaran persnya, psikolog Riliv, Prita Yulia Maharani, menjelaskan bahwa memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran akan membantu kita memperbaiki kualitas hidup.

Baca Juga: Tegang Mulu, Nih 9 Makanan Penangkal Stres Bikin Cemas dan Depresi Anjlok

Menurut Prita, hal itu bisa diatasi dengan melakukan meditasi pernapasan, yakni teknik meditasi yang mendorong kita untuk mengatur pernapasan agar kita merasa lebih tenang.

“Ketika kalian menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah kalian akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran," jelas Prita.

Sebenarnya, meditasi pernapasan sendiri merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan.

Baca Juga: Arcade Fire Bikin Lagu Berdurasi 45 Menit di Aplikasi Pengantar Tidur

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan itu sebenarnya nggak sulit, karena kita hanya perlu meluangkan waktu selama tiga hingga lima menit.

Namun demikian, manfaat meditasi pernapasan itu juga nggak sedikit lho. Berikut 5 manfaat yang bisa kalian dapatkan dari melakukan meditasi pernapasan.

1. Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi

Rasa capek seringkali berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang nggak stabil.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest