Follow Us

Rayakan 40 Tahun, Label Legendaris Inggris 4AD Rilis Kompilasi 'Bills & Aches & Blues'

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 08 Juli 2021 | 20:30
Artwork Album Kompilasi Bills & Aches & Blues
4AD

Artwork Album Kompilasi Bills & Aches & Blues

HAI-ONLINE.COM - Britania Raya, khususnya Inggris, emang secara kultural udah memiliki kekayaan alternatif - yang kita ketinggalan banget kayanya, tapi masih bisa banget untuk dikejar.

Warisan turun temurun, terutama di ranah independen ini nggak lekang dari peran label-label indie yang bergerak untuk mendukung komunitas dan lingkungan musik alternatif yang sehat.

Kalo masih inget sama ucapan Johnny Marr (eks The Smiths, Modest Mouse) kemarin, orang-orang di Inggris terutama di kultur kelas pekerjanya sangat berusaha untuk memelihara budaya ini - budaya dan hiburan yang muncul akibat represi kelas, sehingga mendukung untuk menciptakan rentetan musik dan kesenian yang keren.

Baca Juga: Johnny Marr: The Smiths Terlalu Dibutakan oleh Ketenaran dan Media

Nah, ada nih salah satu label indie asal London yang sangat terhormat bernama 4AD. Terbentuk sejak 1980, band asuhan mereka nggak main-main; sebut saja nama-nama seperti Bon Iver, Cocteau Twins, Lush, hingga nama yang besar di lingkup pop seperti Grimes pernah menjadi roster mereka bersama puluhan band lainnya.

Logo 4AD Terbaru
Twitter @4AD_Official

Logo 4AD Terbaru

Beirut, Big Thief, Deerhunter, dan Deerhunter adalah nama-nama favorit saya pribadi yang saat ini masih berada bersama naungan 4AD.

Pada 2020 kemarin, tepat empat dekade sudah 4AD aktif untuk membadani band-band alternatif terbaik yang meramaikan muka bumi - terkesan sedikit lebay sih, tapi senggaknya banyak banget band jebolan 4AD yang menjadi pionir dan berpengaruh buat jenis gelombang musik tertentu.

Untuk merayakan 40 tahunan mereka, 4AD telah merilis sebuah kompilasi spesial berjudul 'Bills & Aches & Blues' yang telah hadir pada awal April lalu. Kompilasi ini berisikan 18 lagu dari para roster 4AD yang dibawakan ulang oleh roster 4AD terkini yang masih aktif.

Empat puluh tahun berkarir sepertinya nggak mengurangi semangat juang dan visi misi 4AD sebagai institusi independen ulung untuk menyajikan karya dan mutiara terpendam yang jauh dari hiruk pikuk media.

Baca Juga: HAI Demos: Debut Menjanjikan dari White Chorus lewat Album 'FASTFOOD'

Hal tersebut nampak pada tracklist yang tersedia pada 'Bills & Aches & Blues', alih-alih bermain di zona aman untuk menampilkan track-track dari band-band yang mungkin akan kalian cari seperti Cocteau Twins, St. Vincent, ataupun Iron & Wine - 4AD memberi kesempatan buat band seperti The Breeders untuk lebih muncul ke permukaan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest