Follow Us

Tentang Syarat Khusus Jadi Penyanyi Dewa 19, Ahmad Dhani: Harus Suaranya Tinggi dan Nge-rock Pastinya

Ferry Budi Saputra - Kamis, 08 Juli 2021 | 15:30
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com - Ahmad Dhani mengungkapkan apa saja syarat khusus untuk menjadi penyanyi Dewa 19. Seperti diketahui Dewa 19 sejak debutnya pernah memiliki dua vokalis yaitu Ari Lasso dan Once.

Baca Juga: Tentang Lagu IPS Dewa 19 yang Berdurasi Satu Menit Lebih, Andra: Main Asal-asalan tapi Jadi Lagu Itu

Ahmad Dhani mengatakan kalau syarat khusus untuk menjadi penyanyi Dewa 19 itu cukup simpel, yang penting memiliki suara yang tinggi, ungkapnya dalam channel YouTube Video Legend tahun lalu.

Dia juga mengaku apabila suaranya rendah bisa diisi olehnya, maka itu memerlukan vokalis dengan suara tinggi.

"Jadi kalo syarat menjadi penyanyi Dewa itu tidak harus bersuara tinggi, saya juga bisa menjadi penyanyi Dewa 19. Tapi karena saya suaranya tidak tinggi, sehingga kita harus tetap mencari seorang penyanyi yang suaranya tinggi, notnya ya," ucapnya.

Dia melanjutkan, "Meskipun rendah kurang bagus, karena rendah bisa saya isi. Karena suara rendah itu nggak gampang juga," tambahnya.

Ahmad Dhani juga menjelaskan keterkaitan album Bintang Lima dengan sosok Once yang mengisi vokal Dewa 19. Menurutnya, Once memiliki suara tinggi yang bagus, sehingga suara rendahnya bisa diisi olehnya.

"Sehingga di dalam album Bintang Lima itu ada perpaduan yang baik range vocal di setiap bagian rendah saya yang ambil. Kayak misalnya lagu Sayap-sayap Patah itu saya yang ambil, karena Once nggak kuat rendah segitu. Tapi pas tingginya pasti Once," ungkapnya.

Baca Juga: Ketika Ahmad Dhani Ambil Alih Jabatan Manajer Dewa 19: Personel Dewa Anak Mami Semua Kecuali Gue

"Maka dari itu, salah satu syarat buat jadi penyanyi Dewa pada waktu itu, ya dia harus suaranya tinggi dan nge-rock pastinya ya," tambahnya.

Saat itu, Ahmad Dhani dan personel Dewa 19 yang lainnya beranggapan kalau mereka beruntung menemukan Once yang memiliki suara lebih nge-rock daripada Ari Lasso.

"Itu cukup menggairahkan. Sehingga bukannya kita merubah konsep Dewa 19 menjadi nge-rock, tetapi kita harus mengikuti penyanyi baru yaitu Once," ucapnya.

Berdasarkan penjelasan Ahmad Dhani tersebut, wajar saja jika Dewa 19 kini menggandeng Virzha untuk menjadi vokalis. Pasalnya, jebolan Indonesian Idol tersebut bisa dibilang memiliki suara yang tinggi juga.

Terkait dengan album Bintang Lima yang rilis pada tahun 2000, Ahmad Dhani juga mengungkapkan kalau ada lagu khusus yang dia bikin untuk Once yaitu lagu Dua Sejoli. Adapun lagu lainnya yang dia ciptakan khusus untuk Once yaitu Risalah Hati, Lagu Cinta dan Sayap-sayap Patah.

Baca Juga: Aslinya Lagu Roman Picisan Dewa 19 Khusus Dibikin untuk Ari Lasso Bukan Once, Ahmad Dhani: Once Cukup Stres Nyanyinya

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest