Follow Us

Mau Badan Bugar, Ini Tips Menyusun Jadwal Olahraga 150 Menit Dibagi dalam Seminggu

Dok Grid - Senin, 26 Februari 2024 | 14:05
Olahraga sendiri
Nawroz

Olahraga sendiri

"Meskipun waktu olahraga hanya 30 menit cukup untuk mendapatkan manfaat kesehatan dengan melakukan olahraga, tetapi kamu harus mencoba untuk melakukan olahraga yang lebih lama," katanya mengajak kita untuk improve kebugaran.

30 Menit Olahraga Utama

Bukan tanpa alasan mengapa kita perlu meningkatkan performa olahraga. Pasalnya ada beberapa keuntungan yang diraih jika kita mau berusaha lebih. Yang terpenting, caranya harus benar.

Katakan olahraganya jadi sekitar 50-60 menit per hari, itu akan memungkinkan kamu untuk memberikan waktu tambahan yang lebih fokus.

Nah, waktu tambahan ini dapat digunakan untuk pemanasan dan pendinginan. Jika ambil 50 menit, maka 10 kenit prmanasan, 30 menit olahraga utama, 10 menit lagi pendinginan.

"Tidak perlu melakukan olahraga dengan terburu-buru. Mengambil nafas, tetap terhidrasi, dan menambahkan suplemen olahraga ke dalam jadwal sesuai kebutuhan," tips Samantha lagi.

Oh ya, dia juga menambahkan, kamu dapat mencatat kegiatan berolahraga pada jurnal dan serta meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan sehat setelah berolahraga.

Untuk itu, menyusun jadwal olahraga selama seminggu seharusnya tidak membuat stres. Apalagi hal ini juga nggak akan membuat kamu jadi kontraproduktif atau melakukan olahraga secara terburu-buru di tengah rutinitas sehari-hari.

Baca Juga: 5 Cara Membentuk Otot Perut Ini Bikin Perut Jadi Six Pack

"Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga. Melakukannya secara berlebihan sama berbahayanya dengan tidak melakukan sama sekali," katanya lagi.

Berikut beberapa alasan mengapa melakukan olahraga terlalu berlebihan itu berbahaya.

Olahraga berlebihan dapat menghambat penurunan berat badan

Melakukan aktivitas fisik secara ekstrem akan memperlambat metabolisme, karena tubuh akan mencoba menghemat energi yang berharga, sehingga menyebabkan tubuh membakar lebih sedikit kalori.

Selain itu, memaksimalkan tingkat intensitas berolahraga tanpa istirahat yang cukup dapat merangsang pelepasan kortisol, hormon stres akan muncul dan menyebabkan penambahan berat badan.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest