Follow Us

Ini Perbedaan BNWB dan BNOB dalam Dunia Sneakers yang Wajib Diketahui

Ferry Budi Saputra - Selasa, 22 Juni 2021 | 16:00
Ilustrasi Sneakers
pixabay.com

Ilustrasi Sneakers

HAI-Online.com - Buat kalian yang penasaran dengan perbedaan BNWB dan BNOB dalam dunia sneakers. Kali ini HAI bakal kasih tau kalian nih istilah BNWB dan BNOB yang seringkali ditemukan di marketplace online.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih Pengertian Istilah Beaters dalam Dunia Sneakers

Lalu, sebenarnya apa sih perbedaan BNWB dan BNOB dalam dunia snekaers? Nah, perlu kalian ketahui nih BNWB merupakan singkatan dari Brand New With Replace Box. Sedangkan, BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box.

Kalau BNWB itu berarti sneakers yang ditawarkan merupakan produk asli namun dijual dengan box lain. Semisal ada deskripsi sneakers tersebut BNWB, berarti menandakan bahwa sepatu itu merupakan barang baru tetapi tidak dijual dengan kardus asli.

Biasanya, penjual mengganti kotak sepatu karena berbagai hal, misal karena barang hasil bocoran atau sample yang dijual batangan. Meski begitu, produk biasanya tetap barang baru. Karena sepatu bocoran dari perusahaan, harganya pun bisa dibandrol lebih murah.

Produk yang masuk ke dalam kategori ini adalah sneakers buatan Indonesia yang bakal dikirim ke luar negeri. Tetapi, saat proses sertifikasi, setiap pabrik biasanya membuat beberapa sample. Nah, barang sample ini bisa masuk di kategori BNWB. Bisa disebut juga barang reject atau produk yang nggak lolos sertifikasi.

Tetapi, produk biasanya sih tetap barang baru, hanya dijual dengan harga miring dikarenakan alasan tersebut.

Baca Juga: Asal-usul dan Pengertian Istilah 'Stan' yang Sering Muncul di Internet

Selain itu, untuk BNOB biasanya digunakan para penjual untuk memberi tahu pada pembeli jika segel box atau kardus produk sudah pernah dibuka.

Nah jadi BNOB itu merupakan sneakers asli, tetapi dus atau boxnya sudah tidak disegel alias pernah terbuka. Penjual ini biasanya membeli barangnya dari pabrik di negara lain seperti Vietnam, Thailand, dan negara lain. Bisa dibilang barang mereka import.

Karena membeli dari luar negeri dan mungkin dalam jumlah yang banyak, para supplier menghindari pembayaran bea cukai. Ini alasan segel kardus dibuka, supaya terlihat seperti buat dipakai sendiri bukan dijual lagi.

Tapi perlu kalian ketahui lagi bahwa kalian juga harus hati- hati, perhatiin juga sepak terjang toko online yang menjual produk BNOB dan BNWB, lebih baik cari yang terpercaya.

Nah, itu dia perbedaan BNWB dan BNOB dalam dunia sneakers. Semoga informasi tersebut dapat membantu kalian memahami istilah sneakers ya.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih Pengertian No Cap yang Sering Muncul di Media Sosial

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest