Follow Us

Asal-usul dan Pengertian Istilah 'Stan' yang Sering Muncul di Internet

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 24 Februari 2021 | 15:15
Ilustrasi pengertian istilah 'stan' yang sering muncul di internet.
Wikimedia/HAI

Ilustrasi pengertian istilah 'stan' yang sering muncul di internet.

HAI-Online.com - Lo pasti nggak asing sama istilah ‘stan’ yang udah sering banget muncul di internet dan media sosial, tapi belum paham sama pengertiannya?

HAI bakal jelasin nih pengertian sekaligus asal-usul istilah ‘stan’ yang identik dengan dunia fandom ini.

Berdasarkan definisi pada Oxford English Dictionary, ‘Stan’ bermakna penggemar yang terlalu bersemangat atau obsesif kepada selebriti tertentu.

Di sisi lain, stan juga merupakan gabungan dari dua kata, 'Stalker' dan 'Fans' yang bermakna penggemar dan penguntit. Gabungan kata tersebut memiliki makna yang sama, yakni penggemar yang terlalu obsesif dengan idolanya.

Baca Juga: Pengertian ‘Do Your Magic’ di Media Sosial yang Wajib Lo Paham

Ke-obsesif-an inilah yang membedakan antara ‘stan’ dan ‘fans’.

Jika ditelusuri, istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh rapper Amerika Serikat Eminem di tahun 2000 yang merilis lagu tentang seorang penggemar fanatiknya yang bernama Stan yang terus-terusan menulis surat untuk dirinya.

Nggak kunjung mendapat balasan dari sang idola, ia dan pasangannya kemudian nekat menerjunkan diri dari sebuah jembatan dengan mobilnya.

Baca Juga: Ini Pengertian Bahasa Gaul 'Ngokhey' yang Sering Dipakai Anak Muda

Istilah tersebut kemudian banyak digunakan di forum-forum fandom online sebagai ungkapan kecintaannya yang sangat besar kepada idola, nggak hanya Eminem, tetapi juga artis dan musisi lain di seluruh dunia.

Nah, sekarang udah paham kan sama pengertian dan asal-usul 'stan' yang membuatnya menjadi istilah populer di internet hingga saat ini. (*)

Baca Juga: Bingung Sama Istilah IB yang Sering Muncul di Medsos? Ini Pengertiannya!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest