Follow Us

Hadirnya Mini Album 'Lagu Baru dari Masa Lalu, Vol. 1' untuk Pelestarian Lagu Legendaris Indonesia

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 16 Juni 2021 | 16:26
Andien dan Mondo Gascaro di Konferensi Pers Virtual saat Launching Mini Album 'Lagu Baru dari Masa Lalu, Vol.1'
Yayasan Irama Nusantara / MLDSPOT

Andien dan Mondo Gascaro di Konferensi Pers Virtual saat Launching Mini Album 'Lagu Baru dari Masa Lalu, Vol.1'

HAI-ONLINE.COM - Pengarsipan merupakan sebuah metode penting yang bisa dilakukan untuk melestarikan artefak-artefak yang berguna untuk pembelajaran di era sekarang, musik termasuk di antaranya.

Oleh karena itu, Yayasan Irama Nusantara yang berkolaborasi bersama MLDSPOT memprakarsai sebuah mini album yang telah rilis bertajul 'Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1'.

Baca Juga: David Tarigan: HAI Udah Jadi Sumber Referensi Musik Sejak Dulu

Melalui konferensi pers, Gerry Arpriyan selaku Program Manager dari Yayasan Irama Nusantara menuturkan, "Sebagai yayasan pengarsipan musik Indonesia, Irama Nusantara selalu merasa kalo lagu-lagu keren masa lalu selalu terpendam tanpa bisa diakses untuk dinikmati orang banyak."

"Upaya kita adalah pengarsipan digital musik populer di Indonesia yang telah dilakukan sejak 2013. Nah melalui mini album 'Lagu Baru dari Masa Lalu' ini, kami berharap lagu-lagu tersebut nggak hanya tersimpan rapi, namun publik juga dapat mendapatkan dampak langsung dari karya legendaris yang digubah ulang oleh musisi-musisi keren saat ini. "

Senada dengan Gerry, perwakilan MLDSPOT Goardan Saragih, menuturkan bahwa mini album 'Lagu Baru Dari Masa Lalu Volume 1' merupakan upaya nyata dari MLDSPOT dan Irama Nusantara guna melestarikan dan mempopulerkan kembali lagu-lagu legendaris yang pernah berjaya di Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia," ujar Goardan.

"Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang. Ke depannya, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak demi turut menginspirasi dunia musik Indonesia,” lengkapnya.

Baca Juga: Vaksinasi Warga Lancar, Negara Slovenia Kini Bebas Corona

Proses kurasi dalam album ini melibatkan Irama Nusantara dengan bareng MLDSPOT yang sepakat untuk mengangkat tema Indonesian City Pop. Tema tersebut diangkat karena city pop menjadi fenomena unik yang hadir kembali sebagai produk budaya populer di kalangan anak muda kota besar di Indonesia.

Mini Album ini terdiri dari lima lagu era 80-an yang dianggap sangat merepresentasikan gaya musik tersebut, serta untuk membangkitkan kesadaran anak muda kalo lagu-lagu Indonesia di masa lalu sangat keren dan layak untuk dikonsumsi.

Menariknya, lima lagu tersebut dibawakan dan diaransemen ulang oleh para musisi-musisi keren seperti Andien, Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan jawara MLDJAZZPROJECT musim perdana, Adoria.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest