Follow Us

Arsip Skena Bawah Tanah Bandung, 'GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA' Tayang Hari Ini!

Mohammad Farras Fauzi - Selasa, 15 Juni 2021 | 11:30
GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA
Rich Music Online

GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA

HAI-ONLINE.COM - Kota Bandung adalah salah satu magnet utama yang memiliki soliditas untuk membangun ekosistem kuat dalam skena musik rock, punk ataupun metal di dalamnya - sebut saja skena musik bawah tanah.

Dalam melancarkan kegiatan para pemuda yang telah aktif sejak tahun 1970-an, barudak Bandung mempergunakan Gelanggang Olahraga Saparua menjadi salah satu tempat ikonik yang menjadi saksi sejarah pergerakan musik tersebut sejak tahun 1970an hingga akhir 1990an.

Baca Juga: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Markis Kido Telah Meninggal Dunia

Sejarah tersebut dibungkus menjadi sebuah film dokumenter berjudul 'GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA' yang digarap oleh Rich Music Online dalam rangkaian program Distorsi Keras yang bekerjasama dengan Hazed TV.

Film dokumenter ini mulai premiere malam ini (15/06) pada pukul 20:00 dan bisa disaksikan di richmusiconline.com; extrememoshpit.tv; loket.com; vidio.com; dan juga rocknation.id.

Dalam konferensi pers yang diadakan Maret lalu, Alvin Yunata (Teenage Death Star) selaku sutradara pada dokumenter ini berujar, “Film ini adalah sebuah jurnal dari sebuah gedung yang kemudian sejak berdirinya dengan sengaja dialihfungsikan juga sebagai sarana panggung seni dan hiburan dari generasi ke generasi."

Baca Juga: Sutradara 'Aquaman' Konfirmasi Judul Sekuel 'Aquaman And The Lost Kingdom'

"Namun ada fenomena menarik di dekade terakhir sebelum gedung ini dinon-aktifkan, yaitu lahirnya sebuah generasi yang menjunjung tinggi kolektivitas di mana mereka bisa mengubah gedung ini bukan lagi menjadi sekedar gedung pertunjukan seni namun lebih dari itu, di mana sebuah titik melting pot ini melahirkan ideologi baru di kalangan budaya pop, ruang pertukaran informasi dan sebuah pergerakan yang mampu membawa gedung ini sebagai salah satu kuil rock n roll dalam sejarah skena musik underground di Indonesia.”

Poster Film Dokumenter GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA
Rich Music Online

Poster Film Dokumenter GELORA: MAGNUMENTARY OF GEDUNG SAPARUA

Selain itu, para pelaku sejarah pergerakan musik Bandung seperti Sam Bimbo, Arian13 (Vokalis Seringai), Dadan Ketu (Manager Burgerkill/Riotic Records), Eben (Gitaris Burgerkill), Suar (Mantan Vokalis Pure Saturday), dan banyak lagi lainnya dilibatkan sebagai narasumber.

Untuk itu, tunggu apa lagi nih friend. Saksikan arsip sejarah yang berharga ini untuk menilik aksi kawan-kawan pergerakan musik bawah tanah kota Bandung yang telah solid sejak puluhan tahun lalu.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular