Follow Us

Kapankah Waktu yang Tepat buat Pasang Behel atau Kawat Gigi?

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 15 Juni 2021 | 20:40
Ilustrasi behel gigi. Kapan sih waktu yang tepat buat pasang behel gigi?
Pixabay

Ilustrasi behel gigi. Kapan sih waktu yang tepat buat pasang behel gigi?

HAI-Online.com – Kalian kepikiran buat pasang behel gigi? Boleh-boleh aja, sob, asalkan kalian tahu fungsi dan tujuannya, ya.

Namun kapan sih waktu yang tepat buat pasang behel atau kawat untuk gigi kalian?

Baca Juga: Nggak Pake Ribet, Pelihara Kesehatan Mulut dan Gigi Bisa dengan Makan 6 Buah dan Sayuran Segar Ini!

Melansir laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), kawat gigi atau perawatan ortodonti sendiri merupakan perawatan gigi yang dapat dilakukan untuk mengoreksi susunan gigi yang kurang baik.

Manfaat penggunaan kawat gigi antara lain menghindarkan dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan gigi, serta menambah kepercayaan diri.

Dokter spesialis ortodonti sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Sri Suparwitri mengatakan ada berbagai hal yang membuat seseorang harus menggunakan kawat gigi.

Namun, paling utama kondisi gigi yang sebaiknya menggunakan kawat gigi antara lain seperti gigi renggang, gigi berjejal, gigi yang maju, dan gigi yang rahang bawahnya berada di depan rahang atas.

Baca Juga: Sakit Gigi tapi Belum Bisa ke Dokter? Coba 3 Tips Simpel Ini di Rumah

Susunan gigi yang kurang baik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keturunan, karies gigi, serta faktor kebiasaan yang kurang baik.

“Dalam proses perawatan ortodonti tidak serta merta diharuskan untuk mencabut gigi. Pada gigi yang renggang biasanya tidak dilakukan proses pencabutan gigi, namun pada gigi yang berjejal dan maju jika dirasa membutuhkan ruang untuk mengoreksi susunan gigi maka akan dilakukan proses pencabutan gigi,” jelas dia.

Pentingnya perawatan ortodonti

Perawatan ortodonti, bukan hanya terkait dengan estetika semata namun yang paling penting adalah fungsi kesehatan.

Source : ugm.ac.id

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest