Follow Us

Band Metal Berbahaya Asal Maluku Utara Pukar Rilis Debut Album 'Cakalele'

Mohammad Farras Fauzi - Rabu, 02 Juni 2021 | 20:00
Pukar
Pukar

Pukar

HAI-ONLINE.COM - Ada yang masih ingat dengan Pukar? Ya, band berbahaya yang beringas dan penuh kegelapan ini sempat HAI ulas di rubrik HAI Demos di tahun lalu.

Baca Juga: HAI DEMOS: Pukar, Black Metal, Crust Punk, Hingga Rock N Roll Jadi Satu

Kini hanya menyisakan dua personel bersama Reza dan Amank, Pukar tetap mengidentitaskan diri mereka sebagai grup musik dengan ramuan crust dan black metal. Pukar sendiri terbentuk di tanah perantauan mereka di kota Bandung sejak 2019.

Tak perlu waktu lama sejak merilis single debut mereka 'Propaganda Mary', Pukar kemudian terus produktif dengan menelurkan serangkaian single untuk membentuk album penuh pertama mereka, 'Cakalele' yang telah hadir pada 22 April 2021.

Dilansir melalui rilis pers, nama 'Cakalele' dipilih oleh Pukar sebagai tajuk anak pertama mereka untuk merepresentasikan kampung halaman mereka di Ternate.

Kata cakalele sendiri adalah sebuah nama dari tarian perang tradisional asal Maluku yang kini lebih sering digunakan untuk menyambut tamu dalam perayaan adat atau jamuan formal.

Dengan mengusung nama 'Cakalele', Pukar berharap dapat menyuarakan perlawanan terhadap isu-isu sosial di Indonesia melalui musik beringas serba cepat yang mereka mainkan.

Baca Juga: Corey Taylor: Rock & Roll Hall Of Fame Cuma Tumpukan Sampah

"Intinya masih sejalan deh dengan nama Pukar. Karena nama Pukar sendiri bermakna makian dan kemarahan ketika kita merasa sedang tertekan ataupun terintimidasi," jelas mereka. "Kami berharap dapat menyuarakan dan ikut berperan atas ketidak adilan di negeri ini melalui apa yang bisa kita lakukan, yaitu musik."

Betul sekali, Pukar memang tak ubahnya seperti band keras kebanyakan yang kerap menyuarakan kritik tajam terhadap isu sosial yang sedang melanda kaum marjinal.

Lirik-lirik bernuansa perjuangan HAM, anti korupsi, serta dekriminalisasi ganja menjadi pusaran tema utama di rapalan serapahan mereka yang dihantarkan melalui blast beat rapat dan menggelegar.

Tapi tenang aja, Pukar nggak hanya abang-abangan SJW reremehan, kualitas produksi lagu mereka di album 'Cakalele' sangat menggambarkan apa yang ingin mereka suarakan, marah dan lawan! Simak deh lagu 'Cakalele' di bawah.

Album ini sangat layak untuk mendapatkan dua jari metal dari kami, termasuk kerja keras mereka atas kekonsistensian mereka menggarap konsep yang diramu.

Di balik profil mereka yang sangat underrated, Pukar jelas wajib untuk menjadi pantauan kalian. Jujur, beringas, dan berbahaya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest