Follow Us

3 Band 'Poster Cafe' yang Ngebentuk Skena Musik Independen di Jakarta

None - Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:30
Waiting Room
Dok. Waiting Room

Waiting Room

HAI - ONLINE.COM - Era 1990-an adalah masa di mana terjadinya pergeseran penting di dalam bidang teknologi dan informasi. Semakin berkembangnya moda telekomunikasi membuat seluruh berita dan update dari mancanegara dapat diakses dalam waktu yang lebih singkat.

Di Indonesia khususnya di bidang musik, juga mengalami betul fenomena tersebut. Kelompok-kelompok anak muda kota besar mulai menampakkan diri dengan style yang sesuai dengan idolanya masing-masing.

Hardcore, Metal, Seattle sound, Britpop, dan Hip-Hop merupakan sub-genre yang paling populer untuk digandrungi para penggermarnya.

Baca Juga: Produktif, YUNGBLUD Umumkan Album Terbaru Akan Segera Meluncur

Jakarta yang juga berfungsi pusat kultur juga mengakomodir gejolak budaya tersebut dengan menjamurnya venue seperti café ataupun bar yang digunakan sebagai ajang para band muda di Jakarta yang ingin unjuk gigi tampil di atas panggung sembari saling adu pengetahuan mengenai band-band yang sedang ngetop saat itu.

Poster Café adalah salah satunya yang kemudian melegenda karena menjadi embrio dari banyaknya band-band yang besar melalui event yang dihadirkan di café yang konon sempat dimiliki oleh Ahmad Albar tersebut.

Bisa dibilang Poster Café di masa itu memiliki peran sebagai CBGB-nya Jakarta.

Poster Café kini sudah tiada, namun kenangan akan tumpah ruahnya jenis musik dan barang haram di café ini tidak akan pernah padam.

Cafe yang tidak terlalu besar ini dulu berlokasi di area Museum Satria Mandala di bilangan Jakarta Selatan tersebut. Kali ini HAI akan mengulas 5 di antara beberapa band yang besar melalui tempat ini.

Beredar kabar jika dokumenter yang berisikan footage band-band yang tampil akan segera digarap.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest