Follow Us

Lagu Legendaris Utha Likumahuwa 'Sesaat Kau Hadir' di-Remix Pablo Cikaso, Cocok Buat Vibin di Rumah

Alvin Bahar - Minggu, 08 November 2020 | 09:00
Utha Likumahuwa
Warner Music Indonesia

Utha Likumahuwa

HAI-ONLINE.COM - Buat yang butuh lagu vintage keren untuk disko di rumah, pas banget nih. Lagu populer klasik gubahan Boedi Bachtiar yang sempat dipopulerkan Utha Likumahuwa, “Sesaat Kau Hadir”, baru aja di-remix oleh produser muda asal Bandung, Pablo Cikaso. Single remix ini dirilis tepat Jumat, 6 November 2020 lewat label Warner Music Indonesia (WMI).Pihak keluarga almarhum Utha Likumahuwa menyambut baik inisiatif proyek yang digagas WMI ini. “[Ini] merupakan perubahan yang menyegarkan! Karyanya di-mix sempurna tanpa kehilangan sensasi vokal beliau. Kami bangga banget sama [karya] ini!,” tegas Abraham Likumahuwa, putra kandung sang legenda, Utha Likumahuwa.Mengakui dirinya sebagai penggemar lagu-lagu Utha Likumahuwa, Pablo Cikaso (PC) awalnya memang berniat me-remake/remix lagu Utha sebelum Warner Music Indonesia mengajaknya untuk proyek ini. “Tapi waktu itu rencananya untuk lagu ‘Tersiksa Lagi’. Tiba-tiba dapat kabar dari pihak WMI, dan luar biasanya saya dapet tawaran untuk meremix lagunya Utha Likumahuwa, sangat kebetulan sekali,” Raka Surya, sosok di balik PC, menjelaskan.Terkait proses, Raka mendeskripsikan bahwa dia memang ‘meraba’ struktur lagunya terlebih dahulu, namun baginya ini proses yang cepat. “Saya sudah mendengarkan lagu Om Utha ini sejak saya kecil, dengan nada-nada khasnya dan sentuhan jazz-nya yang membuat lagu ini cepat menempel di otak.” Raka menambahkan kalau “Sesaat Kau Hadir” memang merupakan lagu favoritnya.

“Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” adalah single remix pembuka untuk rilisan Extended Play (EP) Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir Remixes, kumpulan beberapa remixes dan remakes untuk lagu legendaris tersebut.

Baca Juga: Pengen Move On dari Lagu Sedih Melulu, Brisia Jodie Siap Jajal Genre EDM

Sejarah "Sesaat Kau Hadir"Dalam karier sang legenda, Utha Likumahuwa, “Sesaat Kau Hadir” mendapat posisi penting, mengingat lagu tersebut adalah nomor yang melambungkan namanya.

Pertama kali dinyanyikan di Festival Lagu Populer Indonesia 1987, lagu ini menjadi favorit di acara tersebut. Lagu ikonik ini juga ditahbiskan jadi yang terbaik kedua pada ASEAN Pop Song Festival 1989, dengan Utha Likumahuwa sebagai penyanyinya.

Siapa Pablo Cikaso? Raka Surya, sosok di balik PC, adalah produser muda asal Bandung, Jawa Barat, yang sebelumnya memang dikenal sering me-remake lagu-lagu—baik mainstream, maupun independen—menjadi khas ’80-an.Melalui Pablo Cikaso (PC), “Sesaat Kau Hadir” mendapat warna baru yang belum pernah didengar sebelumnya. Lagu ini kayak terlahir kembali lewat sound yang baru, namun tanpa kehilangan sisi otentiknya. Vokal ikonik Utha Likumahuwa menjadi identitas penting dalam remix ini. Pun gaya remix Pablo Cikaso yang distingtif. “Dan Bila (80’s Version)” adalah rilisan resmi pertama PC untuk single komposer Mondo Gascaro. PC juga baru merilis EP Nada di Utara yang berisikan komposisi originalnya dalam satu paket.

Selain itu, PC sering melakukan bootleg remix untuk lagu-lagu seperti “Bersandar” (White Shoes and the Couples Companies), “Konservatif” (The Adams), sampai “Drive Safe” (Rich Brian) yang seluruhnya diberi warna vintage kuat dan detail.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest