Follow Us

Awesome! Beredar Foto Awan Berbentuk Unik di Tawangmangu Jawa Tengah Bernama Lentikular

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 05 November 2020 | 20:30
Awan lentikular diambil dari B2P2TOOT tawangmangu
(Rika Verry Kurniawan IG @rikaverrykurniawan)

Awan lentikular diambil dari B2P2TOOT tawangmangu

HAI-Online.com- Sebuah unggahan foto yang memperlihatkan awan seperti putaran gasing di kawasan Tawangmangu, Jawa Tengah ramai dibicarakan di media sosial Instagram.

Unggahan tersebut salah satunya diunggah oleh akun @agendasolo. “Awan di Lawu, view dari kawasan Tawangmangu - Sarangan pagi ini. @rikaverrykurniawan,” tulis akun tersebut.

Unggahan foto itu telah disukai lebih dari 14.000 pengguna. Berbagai komentar disampaikan warganet. Ada yang menganggapnya sebagai fenomena awan yang unik.

Baca Juga: Di Indonesia Jadi Favorit, Tapi Jangan Coba-Coba Tanam Kangkung di Amerika Ya

“Td pagi jam 6’an mau ke Klaten, ngelihat awannya speti itu. Asli bagus bgt awannya td,” tulis akun @virgirima. “Awan berbentuk seperti itu wajar, & yg terjadi itu adalah pertanda adanya badai d atas,” tulis akun @lastsanjaya.

Konfirmasi Kompas.com

Mengonfirmasi foto itu, Kompas.com menghubungi Rika Verry Kurniawan yang mengabadikan awan itu. Verry menyebutkan, foto itu diambilnya pagi tadi Kamis (5/11/2020) sekitar pukul 05.40 WIB.

Foto itu ia ambil menggunakan kamera ponsel. “Asli. Aku jepret sendiri tadi pagi pas mau ke Solo,” ujar Verry saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).Menurut Verry, ia mengabadikan dalam beberapa kali pengambilan gambaran, mulai dari daerah Magetan, kemudian Candirejo, Plaosan, Telaga Sarangan, Mojosemi dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Badan Penelitian dan Pengembagan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tawangmangu.

Penjelasan BMKG: awan lentikular

Fenomena apa yang diabadikan dalam foto itu? Kepala Subbid Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra menjelaskan fenomena awan tersebut merupakan awan lentikular.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest