Follow Us

5 Bahaya Terlalu Sering Marathon Film, Ternyata Bisa Pengaruhi Sperma!

Bayu Galih Permana - Kamis, 16 Juli 2020 | 05:28
Ilustrasi Netflix
Pixabay/Jade87

Ilustrasi Netflix

HAI-online.com - Pada masa pandemi ini, kegiatan marathon nonton film atau serial tv memang tengah populer, mengingat orang-orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu mereka di rumah.

Dikenal dengan sebutan binge watching, kegiatan yang asik untuk dilakukan ini ternyata bisa membuat orang kecanduan sampai-sampai bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

Apa saja dampak buruknya? Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh binge watching.

1. Perilaku buruk dan sifat antisosial

Jika binge watching muncul sejak masih anak-anak, hal ini dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan orang lain. Mereka nantinya akan cenderung menunjukkan perilaku antisosial maupun gangguan kepribadian lainnya.

Baca Juga: Bukan Kerja Kelompok, 8 Remaja Ini Tertangkap Berbuat Mesum di Kamar Kos Selama Tiga Hari Tiga Malam

Pada orang dewasa, binge watching juga dapat memengaruhi hubungan sosialnya. Bila sudah ketagihan menonton, seseorang bisa saja nggak peduli pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga maupun teman.

2. Risiko kenaikan berat badan dan obesitas

Menonton serial televisi tentu akan semakin seru jika ditemani camilan. Terutama makanan ringan yang tinggi kalori, seperti popcorn bermentega atau keripik kentang.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tetap duduk berjam-jam di depan televisi atau perangkat lainnya, jangan heran bila timbangan semakin bertambah.

Kalori akan terus bertambah tanpa bisa dikeluarkan dari tubuh dan menjadi tumpukan lemak. Inilah yang kemudian menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko obesitas.

Baca Juga: Jangan Jenguk Pasien atau Orang Suspek Covid-19, Ini Kata Dokter Reisa Biar Nggak Tertular

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest