Follow Us

Udah Jadi Kebiasaan, Ini Fakta Mengerikan Orang yang Tiduran Setelah Makan

Bayu Galih Permana - Selasa, 23 Juni 2020 | 17:50
Ilustrasi tidur setelah makan
psu.edu

Ilustrasi tidur setelah makan

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, hampir sebagian besar dari kita pasti mempunyai kebiasaan langsung tiduran setelah makan.

Padahal, kebiasaan tiduran setelah makan sendiri diketahui dapat memperburuk kondisi kesehatan dan juga memicu kemunculan sejumlah penyakit.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, fakta terkait bahaya tiduran setelah makan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Annisa Maloveny.

Dalam webinar yang diselenggarakan Eka Hospital Cibubur pada Senin (22/6) kemarin Annisa menjelaskan, kebiasaan tersebut dapat memicu Gerd atau gastroesophageal reflux disease.

Baca Juga: Jalani New Normal, Catat Nih Aturan-aturan Baru Nonton di Bioskop Indonesia

Ketika tidur, produksi saliva atau air liur yang mempunyai fungsi untuk membantu makanan turun ke kerongkongan, menurunkan asam, memperlancar pencernaan, hingga memperbaiki motilitas akan berkurang.

"Kalau habis makan kita langsung tidur, maka pencernaan tidak akan sempurna. Esophageal clearance (pembersihan kerongkongan setelah makan) tidak sempurna, asamnya naik, tentu saja terjadi gerd, sfingter juga tidak menutup dengan kencang dan sempurna," ujar Anissa.

Kenaikan asam lambung yang sering terjadi dikarenakan langsung tidur usai makan dapat mengakibatkan radang atau kerusakan sel-sel pada kerongkongan maupun faring.

"Untuk jangka panjang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, suara berubah, serangan seperti asma, dan sebagainya," tambahnya.

Selain itu, kebiasaan satu ini juga akan mengakibatkan kalori yang dikonsumsi saat makan terkumpul menjadi lemak karena nggak dipakai untuk beraktivitas.

Baca Juga: Makanan Gurih Ini Penyebab Hadirnya Kanker Darah yang Merenggut Nyawa

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest