Follow Us

Perjalanan 25 Tahun Burgerkill: Berawal dari SMAN 1 Ujung Berung, Hingga Menaklukkan Eropa

Alvin Bahar - Rabu, 13 Mei 2020 | 14:30
Salah satu formasi terbaik BurgerKill
Alvin Bahar

Salah satu formasi terbaik BurgerKill

HAI-ONLINE.COM - Kalau Eben nggak pindah ke Bandung, dan bersekolah di SMAN 1 Ujung Berung (kini SMAN 24 Bandung), mungkin sampai sekarang kita nggak akan mengenal band cadas bernama Burgerkill.

Yap, seperti yang diceritakan dalam film dokumenter mereka yang bertajuk We Will Bleed, Eben yang dikenal cukup “aktif” masuk ke ruang Bimbingan Konseling di sekolah kerap bertemu dengan Kimung (bas).

Sebelum menjadi Burgerkill, Eben dan Kimung sempat membuat band bernama Morning Crew, yang sayangnya nggak sempat bertahan lama.

Sampai akhirnya Kimung mengajak dua temannya, yaitu Ivan (vokal) dan Kudung (drum). Nah, inilah formasi perdana Burgerkill. Lewat formasi ini, mereka sempat rajin tampil dalam acara hardcore di Ibukota, Jakarta.

11 Mei 1995, Burgerkill lahir.

“Tren musik di kalangan kita-kita itu waktu SMA, masih berkisaran Nirvana, Punk-nya Sex Pistols, Ramones,” kata Kudung, dalam dokumenter We Will Bleed.

Baca Juga: Stevi Item: Harusnya .Feast Nggak Usah Klarifikasi, Sekalian Songong Aja Nggak Usah Tanggung

Namun, pergantian pertama dalam tubuh personil Burgerkill terjadi pada tahap ini, dan itu adalah sektor drum yang diisi oleh Kudung.

Saat itu, Kudung yang juga berstatus sebagai drummer Forgotten harus lebih fokus dengan bandnya yang sedang rekaman, karena pada mulanya, Burgerkill adalah band side project yang membawakan lagu-lagu dari Sick Of It All, Black Flag, Wide Awake, Insted, sampai Gorilla Biscuits.

Posisi Kudung digantikan oleh Toto, yang sebelumnya main di Analvomit.

Nah, di era bersama Toto inilah, Burgerkill mulai aktif untuk menulis lagu-lagu karya mereka sendiri.

Setelah ikut beberapa kompilasi lewat lagu-lagu yang mereka ciptakan sendiri, Burgerkill mulai diterima dan mendapat tawaran untuk tampil di acara underground yang digelar di GOR Saparua Bandung pada era pertengahan 90-an.

Halaman Selanjutnya

Album Perdana
1 2 3 ... 6

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest