Follow Us

Mengenal Adik Perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong Katanya Lebih Kejam dari Sang Kakak

Al Sobry - Senin, 27 April 2020 | 09:53
Mengenal Adik Perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong Katanya Lebih Kejam dari Sang Kakak
Upi.com

Mengenal Adik Perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong Katanya Lebih Kejam dari Sang Kakak

HAI-Online.com - Isu besar bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan telah meninggal dunia masih belum mendapat kejelasan lantaran ketertutupan informasi di negara komunis itu sangat kuat, apalagi media Korea Utara juga ikut bungkam.

Profesor Natasha Lindstaedt, dilansir Daily Mirror Sabtu (25/4/2020), mengatakan gender tak menjadi penghalang si adik menjadi "tiran baru".

Pakar rezim totalitarian itu menyatakan, jika adik perempuan Kim masuk, maka gaya kepemimpinan dan tradisi keluarga memimpin Korut, sejak Kim Il Sung di 1948 bakal terus terjaga.

"Saya tidak percaya posisinya sebagai perempuan bakal melemahkan posisinya jika dia memegang kekuasaan," beber Profesor Lindstaedt.

Dia menerangkan, keluarga Kim tidak dilihat sebagai manusia biasa oleh rakyat Korea Utara, mereka dianggap sebagai wakil Tuhan yang akan mengurusi segalanya.

Lindstaedt menjelaskan, jika Kim Yo Jong berkuasa, maka dia juga akan dianggap sama seperti kakaknya, bahkan lebih lagi.

"Sangat dimungkinkan dia akan mengambil pendekatan yang lebih kejam dari kakaknya terhadap dunia karena level kemiskinan yang mereka alami," paparnya.

Lindstaedt mengatakan, dia yakin Kim adik bakal lebih tegas dari kakaknya. Apalagi, dia sering terlihat di muka umum akhir-akhir ini.

Profesor Lindstaedt melanjutkan, sangat mungkin Kim adik merasa bahwa dia perlu lebih tegas dari kakaknya jika dia berkuasa.

Siapa Kim Yo Jong?

Merupakan lulusan sains komputer, Kim Yo Jong adalah anak kelima sekaligus terakhir mendiang Kim Jong Il, pemimpin kedua Korut.

Dia mempunyai hubungan dekat dengan Kim Jong Un. Seperti kakaknya, dia mendapatkan kemewahan di tengah kemiskinan yang diderita Korut.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest