Follow Us

Kehabisan Ongkos Pulang, Turis Asing Isolasi Diri di Gua India Akibat Lockdown

Annisa Putri Salsabila - Senin, 27 April 2020 | 13:25
Uttarakhand state in northern India
getty images

Uttarakhand state in northern India

Hai-Online.com - Masyarakat yang hidup selama wabah corona ini terpaksa harus nerima keadaan negaranya yang lagi lockdown. Ada yang beradaptasi sebaik mungkin, tapi hal ini justru menimpa beberapa turis yang terjebak karena berwisata di negara orang lain.

Berujung dengan tindakan oleh 6 wisatawan asing yang mutusin untuk mengisolasi diri dengan cara yang nggak biasa yaitu sembunyi di sebuah gua di India.

Baca Juga: Akibat Lockdown, Ratusan Orang Terjebak dalam Festival Musik di Panama Selama Sebulan Lebih

Kelompok itu tinggal di sebuah gua dekat Rishikesh, sebuah kota di negara bagian Uttarakhand di India utara.

Kota ini terkenal dengan The Beatles, selama hampir sebulan sebelum mereka ditemukan sama polisi dan dikarantina di sebuah ashram di hari Minggu, menurut seorang polisi resmi.

Para turis yang terdiri dari empat pria dan dua wanita dari Perancis, Turki, Ukraina, Amerika Serikat dan Nepal, pada awalnya tinggal di sebuah hotel, tapi kehabisan uang dan berlindung di gua, kata Mukesh Chand, juru bicara kepolisian Uttarakhand.

Baca Juga: Makin Banyak Pelajar Indonesia yang Tidak Senang Belajar dari Rumah, Ini Survey-nya!

"Mereka udah tinggal di gua sejak 24 Maret, polisi nemuin mereka di hari Minggu dan mindahin mereka ke Swarg Ashram dekat Rishikesh, dan kami minta mereka untuk mengkarantina diri selama dua minggu sebagai tindakan pencegahan tetapi kelompok itu tampak sehat," kata Chand.

Kelompok itu menjatah sisa uang mereka untuk membeli makanan dan barang-barang lainnya, tambahnya.

Turis India dan asing sebenernya udah dilarang masuk ke negara bagian Uttarakhand sejak 20 Maret 2020 karena wabah coronavirus, menurut perintah pemerintah negara bagian.

India adalah negara terpadat kedua di dunia dan ekonomi terbesar kelima, dan ada kekhawatiran kalo sistem kesehatan negara itu nggak akan mampu mengatasi wabah besar virus.

Perdana Menteri Narendra Modi ngumumin lockdown nasional sejak 24 Maret 2020, yang mulai berlaku sejak tengah malam.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular