Follow Us

Cerita WR Supratman Muda: Sempat Dilupakan, Tapi Tetap Berjuang Lewat Musik untuk Negeri!

Al Sobry - Senin, 09 Maret 2020 | 20:05
Cerita WR Supratman Muda: Sempat Dilupakan, Tapi Tetap Berjuang Lewat Musik untuk Negeri!

Cerita WR Supratman Muda: Sempat Dilupakan, Tapi Tetap Berjuang Lewat Musik untuk Negeri!

HAI-Online.com - Dari rumah gedung, Wage Supratman pindah ke kampung dan mengontrak pondok beratap nipah dan berlantai tanah. Di daerah tempat tinggalnya, dia mulai mengerti penderitaan rakyat.

Tak jarang dia melihat penduduk di sekitarnya makan sehari sekali, itu pun hanya kerak nasi.

Baca Juga: Cerita WR Supratman Muda, 19 Tahun Perform di Pesta Kondangan! (Part 1)

Walau miskin, Wage merasa bahagia. Bahkan dia mulai meninggalkan musik sebagai mata pencaharian. "Uang pencarian seperti itu tidak berkat,” katanya.

“Tidak diberkati Tuhan. Apa gunanya gaji besar kalau tidak memberi kepuasan. Ibarat orang minum air garam di hari panas. Semakin diminum semakin dahaga dan kesehatan pun rusak," ucapnya lagi.

Sebagai wartawan Wage punya kebanggaan tersendiri.

"Wartawan itu pemuka bangsa. Bukankah seorang wartawan memberi penerangan umum? Bukankah tugas wartawan membela yang tertindas,” tegas Wage Rudolf Supratman saat bekerja dikoran SinPo, sebagai wartawan kriminal.

Semangat Bikin Lagu 8 Hari!

Pergerakan politik makin hangat. Dari Yogyakarta muncul anjuran agar komponis Indonesia menciptakan lagu yang bisa dijadikan lagu kebangsaan. Yang ada waktu itu baru beberapa lagu mars seperti Dari Barat Sampai Ke Timur' yang kurang memberi semangat dan kepuasan bagi kebanyakan rakyat.

Supratman begitu gembira dalam hati dia yakin akan mampu memenuhi anjuran itu.

Berhari-hari, siang malam dia mempersiapkan lagunya. Hari ke delapan, jam lima pagi dia berhasil menyelesaikan not sebuah lagu yang dirasa bersemangat dan mencerminkan semangat rakyat yang tak bisa dirantai, tak bisa dikekang lagi.

Lagu itu menggambarkan perjuangan rakyat yang tak kenal lelah. Supratman yakin lagu karangannya cocok dengan jiwa bangsa Indonesia yang sedang bangkit dari tidurnya yang lelap.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular