Follow Us

Hari Musik Nasional: Ada Lagu Buat Pemimpin Sombong, Ketahui Asal-usul 5 Lagu Daerah di Indonesia!

Bayu Galih Permana - Senin, 09 Maret 2020 | 17:10
Ilustrasi seniman yang membawakan lagu daerah
Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo

Ilustrasi seniman yang membawakan lagu daerah

HAI-Online.com - Seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat kita yang udah mulai melupakan atau bahkan nggak tahu dengan lagu daerah mereka masing-masing.

Berkaca pada hal tersebut dan mengingat hari ini kita tengah memperingati Hari Musik Nasional, HAI bakal menceritakan sejarah dan asal-usul dari beberapa lagu daerah yang sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia.

Hal ini sengaja dilakukan supaya lagu daerah tetap bisa eksis di tengah musik modern dan keberadaannya terus dilestarikan generasi muda agar nggak hilang ditelan oleh zaman.

1. Butet

Sama seperti halnya Yamko Rambe Yamko, lagu dari daerah Sumatera Utara ini terinspirasi dari kisah perjuangan masyarakat Indonesia ketika memperebutkan wilayah Tapanuli dari tangan penjajah.

Baca Juga: Menurut Ahmad Dhani, Nggak Ada Lagu yang Lebih Hebat dari Bohemian Rhapsody

Apabila dilihat dari liriknya, lagu Butet menceritakan tentang seorang ibu yang bernyanyi agar putrinya sabar menunggu kepulangan sang ayah yang sedang berjuang melawan penjajah Belanda di medan perang.

Di sisi lain, sang ayah yang juga rindu kepada si anak perempuan tersebut berharap supaya putrinya tetap sabar dalam menunggu kabar ataupun surat darinya, sambil berjanji untuk segera pulang setelah mengalahkan penjajah.

2. Yamko Rambe Yamko

Meskipun memiliki irama penuh semangat, makna syair lagu Yamko Rambe Yamko sendiri sebenarnya menceritakan kesedihan akibat peperangan, terlebih karena pertikaian dan perlawanan bangsa Indonesia terhadap para penjajah.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest