Follow Us

3 Mahasiswi Undip Berhasil Ubah Limbah Tulang Ayam Jadi Pembungkus yang Bisa Dikonsumsi

Ricky Nugraha - Jumat, 26 Juli 2019 | 11:30
3 Mahasiswi Undip Berhasil Ubah Limbah Tulang Ayam Jadi 'Edible Film'
Dok. Pribadi

3 Mahasiswi Undip Berhasil Ubah Limbah Tulang Ayam Jadi 'Edible Film'

HAI-online.com - Tiga mahasiswi Departemen Kimia FMIPA Universitas Diponegoro ( Undip) berhasil mengolah limbah tulang ayam yang banyak ditemukan di sekitaran kampus menjadi edible film.

Tiga mahasiswi tersebut adalah Pipit Riyanti (angkatan 2017), Setiya Rahayu (angkatan 2017), dan Kharisma Madda Ellyana (angkatan 2016).

Penelitian yang mereka lakukan diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sebagai ketua tim penelitian, Pipit menceritakan ide awal ia dan teman-temannya memanfaatkan limbah tulang ayam menjadi produk olahan yang berdaya guna seperti edible film atau plastik kemasan yang bisa dimakan.

Baca Juga: Peluang Kerja dan Magang untuk Pelajar dan Mahasiswa di Jasa Raharja

“Jadi dulu sebelum buat proposal penelitiannya, kami ngobrol dulu mau bikin apa dan diputuskanlah pengen bikin edible film. Terus kami cari-cari komposisi edible film itu dari apa saja. Setelah tahu komposisinya, kami cari bahan-bahan yang mengandung itu,” ujar Pipit dikutip dari Kompas.com.

“Nah, kalau di daerah sekitar kampus kan pasti banyak banget tempat makan yang nyediain ayam, terutama ayam geprek. Makanya kami kepikiran buat manfaatin limbah tulang ayamnya karena dia mengandung kolagen yang bisa kita manfaatkan untuk memperbaiki sifat edible film-nya,” lanjutnya.

Kolagen dari tulang ayam ini kemudian dikolaborasikan dengan antioksidan yang didapat dari penggunaan biji sorgum.

Campuran bahan alami ini dapat menghasilkan edible film yang kuat, tetapi elastis dan baik untuk melindungi bahan makanan yang dibungkusnya.

Baca Juga: Viral Surat Cinta Pakai Aksara Jawa, Admin PKN STAN Beri Sindirian Buat Si Penulis

Jamu yang dikemas dalam berbagai bentuk menggunakan edible film dari tulang ayam
Dok. Pribadi

Jamu yang dikemas dalam berbagai bentuk menggunakan edible film dari tulang ayam

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest