Follow Us

Deretan Istilah yang Pernah Digunakan Tes Masuk PTN dari Masa ke Masa, dari SKALU, SIPENMARU sampai SBMPTN

Ricky Nugraha - Kamis, 11 Juli 2019 | 11:25
SBMPTN
SBMPTN

SBMPTN

HAI-online.com - Tiap tahun, pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri ( PTN) atau yang kini dikenal dengan istilah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), selalu menjadi perhatian.

Seleksi serentak masuk PTN di Indonesia sendiri pertama kali digelar tahun 1976. Namun, bukan istilah SBMPTN yang digunakan, melainkan SKALU yang merupakan singkatan dari Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas.

Setelah itu, istilah yang digunakan telah berubah sebanyak enam kali, sampai yang paling baru digunakan adalah istilah SBMPTN.

Mau tahu apa saja istilah tes seleksi masuk PTN yang pernah digunakan dari masa ke masa? Simak penjelasan berikut yang dirangkum Kompas.com dari kliping pemberitaan Harian Kompas:

Baca Juga: Belom Lolos SBMPTN 2019? Tenang, Ikuti Jadwal Lengkap Seleksi Mandiri PTN di Pulau Jawa

1976-1979: Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas (SKALU)

SKALU diadakan secara serentak oleh 5 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kelima perguruan tinggi negeri itu adalah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universitas Airlangga.

Pada tahun 1976, kelima perguruan tinggi tersebut menggelar Ujian Saringan Masuk (USM) seragam. Tujuan ujian saringan masuk bersama ini agar calon mahasiwa nggak harus ke daerah yang merupakan lokasi kelima universitas tersebut.

Penerapan sistem ini mendapatkan respons kurang baik bagi masyarakat karena ada dikotomi antara universitas atau institut yang mengikuti SKALU dan yang nggak tergabung dalam sistem ini.

Mekanisme SKALU, calon mahasiswa hanya bisa memilih satu jurusan dari kelima universitas yang tergabung di dalamnya. Selebihnya, boleh mimilih jurusan di luar SKALU atau menunggu tahun berikutnya kalau nggak lolos.

Baca Juga: 10 Prodi Saintek dan Soshum dengan Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest