Badan Jadi Terasa Berat dan Nggak Bisa Gerak Saat Tidur, Apa Benar Karena Ditindih Setan?

  • Minggu, 14 Januari 2018 19:44 WIB

Ilustrasi ketindihan | .

HAI-Online.com - Lagi tidur, tiba-tiba badan berasa berat kayak ada ‘sesuatu’ yang menimpa atau menindih badan kita. Nggak cuma jadi berat, efeknya, saat itu juga kita seakan jadi nggak bisa berbicara, bahkan kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuh lainnya.

Kata orang-orang, sih, kita lagi ketindihan setan. Hiii…, serem amat. Eh tapi, beneran, nih?

Jelas bukan, guys. Itu cuma mitos yang beredar di lingkungan kita aja, kok. Soalnya, nih, dalam dunia medis, kejadian janggal ini termasuk sebagai gangguan tidur aja. Nggak lebih.

“Ketindihan itu diagnosisnya sleep paralysis. Nggak ada hubungannya dengan hal gaib. Nah, sleep paralysis ini adalah sensasi di mana kita merasa sadar, tapi nggak bisa menggerakkan anggota tubuh,” ujar dokter Aryo Pradito menjelaskan.

Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa Dito ini menambahkan bahwa ini merupakan hal wajar yang kerap dialami oleh remaja berusia sekitar 14-17 tahun. Usut punya usut, penyebabnya ada banyak. Nggak cuma faktor fisik, hal ini juga didukung oleh faktor psikologis. Lantas, apa aja penyebabnya?

Jam Tidur Berubah-ubah

Buat lo yang suka lembur atau begadang karena ngerjain tugas sekolah atau buat nge-game, dari sekarang mending dikurangin, deh. Soalnya, menurut dokter Dito, hal ini jadi penyebab utama kenapa kita bisa ngerasain sensasi ‘ditindih setan’.

Stress

Kalau punya masalah di sekolah atau sama pacar, mendingan lupakan sejenak sebelum kita tidur. Soalnya, mental yang stres bisa jadi salah satu pemicu terjadinya sleep paralysis.

Posisi Tidur

60 persen dari kasus ini terjadi karena posisi tidur kita terlentang. Well, mulai dari sekarang, coba biasakan untuk tidur miring, deh.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat emang punya efek bermacam-macam. Nggak cuma bikin kita jadi cepat ngantuk, mengonsumsi obat ternyata juga bisa menyebabkan sleep paralysis. Makanya, jangan berlebihan apalagi sampai mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Nggak cuma bisa merasakan sensasi ditindih setan, dengan konsumsi obat terlarang, lo bisa ngerasain langsung gimana sakitnya ditindih sama sipir penjara. Duh!

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×