Follow Us

Nggak Banyak yang Tau, Nike Cortez Ternyata Lahir di Bawah Bendera Onitsuka Tiger

- Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:15
Nike Cortez
Hai Online

Nike Cortez

Selain Air Jordan, Cortez adalah salah satu sneakers paling ikonik ciptaan Nike. Namun rupanya, nggak banyak yang tau kalau Nike Cortez ternyata lahir di bawah bendera Onitsuka Tiger. Loh, kok bisa?

Jadi gini, dilansir dari Indonesia Sneaker Team, Bill Bowerman, salah satu pendiri Nike, bikin prototype dengan mengombinasikan dua model sepatu Onitsuka Tiger.

Nah, Onitsuka rupanya menyukai prototype tersebut dan lantas langsung memproduksinya di tahun 1966 dengan nama Onitsuka TG-24. Namun, nama itu nggak bertahan lama karena nama Onitsuka TG-24 segera diganti menjadi TG-24 Cortez.

Tiger Corsair
Di tahun 1972, satu tahun setelah Bill Bowerman mendirikan Nike, dia memutuskan untuk bikin Cortez di bawah bendera perusahaan baru mereka, Nike.

Rupanya hal tersebut memancing pro dan kontra, terlebih lagi dari pihak Onitsuka. Merasa memegang paten dari Cortez, Onitsuka maju ke persidangan.

Nah, setelah lewat proses persidangan yang panjang, pengadilan memutuskan kalau kedua perusahaan itu boleh memasarkan model tersebut.

Namun, cuma Nike yang boleh menggunakan nama Cortez, sementara Onitsuka terpaksa mengganti nama sneakersnya jadi Tiger Corsair. Well, kalau lo lebih suka model yang mana guys?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest