Follow Us

Tepat Tanggal 16 Juni 133 Tahun Yang Lalu, Rupanya Ada Peristiwa Bersejarah Ini Di Amerika. Pengaruhnya? Sampe Ke Indonesia, Sampe Sekarang!

- Jumat, 16 Juni 2017 | 09:23
Coney Island
Hai Online

Coney Island

Roller coaster sebagai salah satu wahana bermain yang hampir eksis di seluruh dunia pada masa sekarang, ternyata bukan tercipta tanpa cerita. Tepat di tanggal 16 Juni 133 tahun yang lalu, alias di tahun 1884, roller coaster pertama dibuka di Amerika. Roller coaster ini juga diduga menjadi roller coaster untuk hiburan yang pertama kali ada di dunia!

Roller coaster itu dibuka di Coney Island, Brooklyn, New York. Pada saat tersebut, roller coaster (atau yang dikenal juga dengan istilah switchback railway) pertama di Amerika itu didesain oleh LaMarcus Adna Thompson di tahun 1881 dan dibangun pada 1884. Nikel menjadi bahan bakarnya, dan kecepatan switchback railway ini mencapai 6 mil (setara 9.6 km) per jam.

Switchback Railway 1884 di Coney Island
Sebagai hiburan berkonsep baru pada masanya, wahana ini berhasil mendulang kesuksesan, sehingga seiring berjalannya waktu, makin banyak roller coaster yang diciptakan di Amerika.

Kawasan Coney Island sendiri terkenal dengan banyaknya hiburan dari tahun 1800-an awal, karena punya akses taman hiburan, games, hotel, bioskop, restoran, dan konon banyak orang yang ke sana untuk bersepeda dan menikmati suguhan hiburan yang ada di sana.

Sayangnya, roller coaster dan taman hiburan pernah mengalami penolakan (baca: kebangkrutan) pada saat Perang Dunia II. Sebabnya, waktu itu Amerika lagi ditimpa krisis ekonomi, sehingga aspek hiburan menjadi ditinggalkan. Namun ketika di tahun 1955 Disneyland di Anaheim, California buka, roller coaster akhirnya kembali berjaya. Konsep dari roller coaster itu sendiri sejatinya makin dikembangkan, malahan juga makin bikin adrenalin kita terpacu alias makin ngeri!

Dan kita bisa lihat sekarang, bukan cuma di Amerika, sensasi roller coaster pun bahkan udah sampe ke Indonesia.

Pernah naik?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest