Follow Us

Nggak Kayak Slip On, Sepatu Dengan Tali Bikin Kita Ribet Makenya. Tapi Rupanya, Tali Sepatu Udah Ada Dari Zaman Segini, Lho. Tua Abis!

- Jumat, 16 Juni 2017 | 08:41
Converse Chuck Taylor All Star Low Tops Toe Oxford
Hai Online

Converse Chuck Taylor All Star Low Tops Toe Oxford

Pernah nggak lo ngerasa bete karena nggak bisa ngiket tali sepatu sendiri? Atau bete lantaran ngerasa buang-buang waktu buat ngiket tali sepatu? Well, mungkin lo harus nyalahin peradaban terdahulu, guys.

Pasalnya, penelitian nunjukin kalo teknik menggunakan sepatu dengan tali pengikat ini sebenernya udah dimulai dari zaman baheula we could say. Menurut info yang HAI temukan misalnya, tali sepatu ini diciptakan untuk mengikat sepatu kulit sederhana yang dikenakan oleh orang-orang pada masa lampau. Sebuah sepatu kuno dengan tali sepatu yang ditemukan tahun 2008 bahkan diduga telah berasal dari tahun 3500 SM!

Sejauh yang HAI telusuri, sampe sekarang belum ada temuan pasti tentang apa yang berhasil membawa budaya mengenakan tali sepatu dari peradaban kuno ke zaman modern kayak sekarang. Mungkin karena melihat fungsinya yang cukup efektif dalam mengenakan alas kaki, maka penggunaan tali sepatu masih terus dilestarikan dari masa ke masa. HAI pun nggak bisa memastikan.

Nah, mengenai tali sepatu ini, beberapa waktu silam, sempat terjadi laporan yang keliru soal siapa yang menemukan tali sepatu pertama kali. Katanya waktu itu, nama yang sempat muncul sebagai penemu tali sepatu adalah Harvey Kennedy. Ia disebut menemukan tali sepatu pada 27 Maret 1790. Padahal setelah ditelaah lebih lanjut, sebelum masa itu pun, tali sepatu telah digunakan oleh banyak kalangan, sehingga informasi soal Harvey Kennedy tadi dikonfirmasi sebagai sesuatu yang keliru.

Ada kemungkinan, Harvey hanya menemukan beberapa tipe tali sepatu yang baru, tapi bukan dialah yang menemukan tali sepatu pertama kali.

Ya, meski nggak ada info pasti tentang siapa yang menemukan tali sepatu pertama kali, tapi temuan kuno yang nunjukin bahwa tali sepatu udah eksis dari berabad-abad yang lalu bisa kamu lihat wujudnya di sini:

Wah, berarti umur keberadaan tali sepatu udah tua banget, ya?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest