Follow Us

SBMPTN Pasti Berlalu. Ini 5 Hal Yang Sebaiknya Nggak Dilakukan Selesai Ujiannya

Rizki Ramadan - Selasa, 16 Mei 2017 | 01:33
Hari Kedua SBMPTN Keep Calm and Focus Bro
Rizki Ramadan

Hari Kedua SBMPTN Keep Calm and Focus Bro

Hari ini, Selasa (16/05) adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka para pejuang PTN. Ya, hari ini adalah jadwalnya SBMPTN diselenggarakan. Bagi para pejuang PTN, hari SBMPTN tuh udah kayak lebaran. Ditunggu-tunggu banget. Bahkan, untuk menyambutnya pake siap-siap dari enam bulan atau malah setahun sebelumnya.

Sudah sejak kemarin, mereka survei lokasi SBMPTN, terus semaleman gelisah. Dan pagi tadi, udah berangkat dari jam pagi atau malah subuh. Padahal, ujian baru dimulai jam 10. Antusias dan deg-degan itu emang beda tipis.

SBMPTN adalah pembuktian diri perjuangan belajar selama ini. Nggak heran kalau ada yang menganggap bahwa SBMPTN tuh sama kayak “perang” berebut kursi PTN. Dan tahun ini, pendaftar SBMPTN ada sekitar 790 ribu. Wah.

Karena sudah habis-habisan di “perang” ini, ada baiknya kita merehatkan diri. Usul HAI, sih, hal-hal ini jangan dilakukan. Hehe.

1. Membahas Soal Kebanyakan

Setelah enam bulan kemarin kalian lebih sering lihat soal try out daripada lihat pemandangan, maka seselesai SBMPTN ada baiknya jauhkan dulu sejenak dirimu dari soal-soal. Nggak usah terlalu banyak membahas soal yang diujikan tadi. Nanti pusing, loh, apalagi kalau kamu tahu jawaban yang menurut temanmu benar beda dengan pilihanmu. Ada baiknya, bahas saja hal-hal yang menyenangkan.

2. Mengeluh Berlebihan

Merasa soal TPA atau matematika yang diujikan tadi lebih susah daripada mencium sikut sendiri? Atau bahkan ada sejumlah soal yang kamu nggak kamu biarkan kosong nggak terjawab? Sudahlah, kamu boleh menyesal, juga boleh mengeluh, tapi cukup satu-dua jam saja. Setelahnya ya kamu mesti tenang. Kalau pun masih bertekad mau masuk PTN, masih bisa coba jalur ujian lain, kan?

3. Terlalu Merendah, Padahal Bisa Mengerjakan soal.

“Eh, gila, soalnya susah banget. Ngerasa nggak sih?”

“Iya. Gue ngasal semua. Dua kali lipat lebih susah dari try out ini, sih.”

Acapkali kita bertemu teman yang terlalu merendah sampe berbohong soal kemampuannya. Padahal, selama ujian tadi dia ngerasa lancar-lancar aja mengerjakan soal. Dan biasanya, hasil ujian dia bagus. Hehe.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest