Follow Us

Selain Belajar SBMPTN, Ini 8 Kegiatan Berfaedah Yang Bisa Dilakukan Setelah UN

Rizki Ramadan - Sabtu, 15 April 2017 | 04:45
Anti-Corruption Youth Camp 2015: Energi Mudamu, Senjatamu
Rizki Ramadan

Anti-Corruption Youth Camp 2015: Energi Mudamu, Senjatamu

Temen-temen kelas XII selesai ujian nasional ini resmi memasuk masa-masa gabut alias nggak ada kerjaan. Paling-paling cuma golongan yang ambisius masuk PTN (dan semua anak sekarang ambisius masuk PTN) yang seusai UN ini nggak bisa sepenuhnya santai, karena mesti belajar untuk persiapan SBMPTN Mei nanti.

Tapi, di luar belajar itu pun pasti kalian masih punya waktu luang dong. Dari pada jempol kamu kapalan cuma gara-gara terlalu getol nge-scroll media sosial, lebih baik lakukan kegiatan-kegiatan berfaedah ini.

  1. Kumpulkan Buku Latihan Soal UN Untuk Didonasikan
Coba hitung berapa buku latihan “Detik-detik Menuju Ujian Nasional” yang sudah kamu punya demi sukses UN kemarin? Wah, pasti banyak. Belum lagi buku latihan yang kamu dapat dari tempat bimbel.

Nah, daripada kamu jual ke tukang loak atau malah kamu biarkan mendekam di kamarmu, ada baiknya kamu bikin kegiatan donasi. Ajak temen-temenmu untuk mengumpulkan buku latihan soal UN-nya, cari yang sekiranya masih layak dipakai, lalu salurkan calon kelas XII yang sekiranya kurang mampu. Walau sistem UN tahun depan mungkin berubah lagi, senggaknya buku soal-soal ini bisa bantu temen kita untuk dapat gambaran soalnya. Akan lebih bermanfaat lagi kalau buku itu disertai juga dengan beberapa materi atau cara menjawab soalnya.

  1. Kursus Fotografi, Desain, Bahasa Asing atau Apapun.
  2. Kalau kamu punya minat tertentu ada baiknya kamu perdalam. Ikut kursus bisa jadi salah satu caranya. Banyak, loh, tempat kursus singkat yang butuh waktu cuma 1-2 bulan. Cocok untuk kita yang nunggu masa kuliah.

Kalau yang hobi fotografi, bisa coba ke Galeri Fotografi Jurnalistik Antara. Kamu yang suka desain bisa ikut kursus di Hellomotion, yang suka bahasa asing bisa gabung ke kelas yang dibikin oleh lembaga budaya kayak Institut Français d'Indonésie atau Goethe Haus untuk Jerman, atau kamu bisa juga ke Kampung Inggris di Pati sana.

Nah, kamu yang hobi seni bisa coba mendekat ke komplotan ruangrupa yang bermarkas di Gudang Sarinah Ekosistem. Mereka suka bikin program ekskul khusus pelajar, lho.

  1. Jadi Volunteer Organisasi Luar Sekolah
Anti-Corruption Youth Camp 2015: Energi Mudamu, Senjatamu
Untuk yang suka berorganisai dan aktif berkegiatan, jangan merasa puas dengan ikut OSIS doang. Perluas pengalamanmu dengan gabung ke organisasi luar sekolah. Toh, ada banyak, kok.

Untuk yang suka event orginizing, bisa gabung ke Indonesia Youth Conference, salah satu konferensi anak muda yang biasa digelar di jakarta ini selalu membuka open submission untuk mererekrut volunteer. Kamu juga bisa cek ke organisasi kayak Ketjil Bergerak atau Youth Proactive.

Kamu yang suka bermedia sosial bisa tuh ikut jadi timnya BagiKata, sebuah media berbasis di official account LINE ini butuh tenaga untuk menyediakan jawaban serta informasi bagi para followersnya yang udah ribuan itu.

  1. Magang
program magang HAI
Baru selesai SMA udah mau kerja? Kenapa nggak! Banyak, kok perusahaan yang mau menampungnya. Termasuk media yang sedang kamu baca ini. Ya, HAI nerima, lho, anak-anak SMA untuk jadi wartawan dan penulis magang. Tunggu kabarnya yah.

Selain itu, sejumlah kafe dan butik juga mau-mau aja terima anak 17-18 tahun untuk jadi pekerjanya.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest