Follow Us

Bikin Ngiler Parah, Ini 5 Kuliner Khas Sinjai, Sulawesi Selatan Yang Wajib Kita Coba Kalo Ke Sana!

- Jumat, 31 Maret 2017 | 05:00
Bikin Ngiler Parah, Ini 5 Kuliner Khas Sinjai, Sulawesi Selatan Yang Wajib Kita Coba Kalo Ke Sana!
Hai Online

Bikin Ngiler Parah, Ini 5 Kuliner Khas Sinjai, Sulawesi Selatan Yang Wajib Kita Coba Kalo Ke Sana!

Kabupaten Sinjai di Sulawesi Selatan mungkin nggak seterkenal Makassar atau kabupaten Bulukumba, tempat di mana destinasi wisata Tanjung Bira bermuara. Tapi sekalinya kita menjejakkan kaki ke sana, ternyata ada banyak banget suguhan wisata, maupun makanan yang bikin kita pengen banget buat nyoba.

Kabupaten Sinjai ini bisa kita tempuh lewat perjalanan darat sekitar empat sampai enam jam dari Makassar. Medan tempuh yang dilalui lumayan berat, bikin kita serasa lagi jalan di jalanan kawasan Sumatra. Tikungannya tajem-tajem dan kalo salah dikit atau nggak fokus, bisa-bisa fatal!

Setibanya di Sinjai, kita bisa langsung main ke wisata Pulau Sembilan yang eksotis banget. Hotel juga udah ada buat tempat kita nginep, tapi emang nggak banyak. Biaya hidup dan jajannya di sana juga murah-murah banget, bahkan bisa dibilang lebih murah dari di Jakarta. Makan seafood-nya juga puas banget di sebuah kawasan yang disebut Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Sinjai.

Nah, kalo seandainya kamu sekali waktu berkesempatan main ke Sinjai, jangan lupa cobain kuliner khas Sinjai yang bakal HAI paparin di bawah ini.

Bikin ngiler parah, ini 5 kuliner khas Sinjai, Sulawesi Selatan yang wajib kita coba kalo ke sana! Simak, yuk.

1. Lawa

Dimulai dari makanan bernama Laha atau yang biasa disebut Lawa ini dulu ya, sob. Makanan ini merupakan paduan dari ikan dan kelapa, yang sama sekali nggak dimasak. Jadi, setelah dipotong-potong, daging ikan tersebut dilumuri cuka dan jeruk nipis sampai berubah warna ke warna putih, kemudian dicampur sama kelapa, dan beberapa bahan lagi, terus tinggal dimakan. Lawa ini punya cita rasa asem sehingga bikin kita merem-melek tapi tetep berasa seger. Ya, mirip-mirip sama sashimi ala Jepang, bro!

2. Kue kecil

Waktu main ke Sinjai dan berkunjung ke kantor Dinas Pendidikan di sana, kami disuguhin makanan kecil kayak Sikaporo dan Bikang Doang bakar. Katanya, kedua panganan ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan, termasuk khas Sinjai.

Sikaporo sendiri punya cita rasa kayak kue talam. Rasanya manis tapi nggak terlalu manis. Bikang Doang itu mirip sama talas ebi karena di atasnya dikasih udang. Nah, ada lagi yang namanya Jalangkote, yang bentuknya mirip sama pastel.

Emang, sih, panganan ini bisa kita temukan di kota lain dengan nama berbeda. Namun bentuk dan rasanyalah yang pasti ngebedain makanan khas Sinjai ini dengan makanan serupa di kota lain.

3. Sop Kepala Ikan

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest