Follow Us

Ngurusnya Mungkin Repot, Tapi Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Student Exchange

- Rabu, 08 Maret 2017 | 06:30
Ngurusnya Mungkin Repot, Tapi Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Student Exchange
Hai Online

Ngurusnya Mungkin Repot, Tapi Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Student Exchange

Para pelajar yang masih berseragam putih abu-abu kayak kita gini pasti pernah, deh, yang namanya ngeliat atau tau orang lain yang ikut program pertukaran pelajar atau kerennya disebut exchange program?

Yap! Di kalangan kita para pelajar, pertukaran pelajar ini sering dipandang sebagai salah satu cara buat nambah-nambah pengalaman kita dan memperluas jejaring kita. Tapi, biasanya sih buat ngurus pendaftaran pertukaran pelajar ini, kita bakal dihadapkan pada kerepotan tersendiri.

Jangka waktu exchange program ini sendiri bervariasi. Ada yang satu minggu atau 3 bulan, tapi umumnya, sih, 10 bulan.

Nah, khusus kamu yang masih duduk di kelas 10 atau 11, masih ada banget peluang buat kamu untuk ikut program pertukaran pelajar yang proses pendaftarannya sendiri bisa makan waktu sekitar 6 bulan sebelum kamu akhirnya bisa pergi.

Tapi, kalo kamu masih ragu-ragu ngurusnya, entah karena takut keteteran ngurusin exchange sambil tetep ngadepin ujian, takut keburu males ngurusinnya, atau malah lantaran bahasa Inggris kamu kurang oke, mungkin kamu bisa nyimak artikel ini dulu. Karena pada dasarnya, keyakinan itu nggak mungkin ada tanpa adanya keraguan terlebih dahulu. Cuma, jangan sampe keraguannya nggak bisa diyakinkan ya, bro! Yaelah…haha…

Emang, ngurusin pendaftaran pertukaran pelajar mungkin bikin repot, tapi ini 6 alasan kenapa kamu harus ikut pertukaran pelajar. Simak, yuk!

1. Menambah Lingkup Pertemanan

Sebagai makhluk sosial yang sering banget bersosialisasi, khususnya pada jam kosong sekolah, ikut program pertukaran pelajar ini bisa banget loh ngebantu kita buat nambah-nambah jaringan pertemanan. Bukan cuma temenan sama orang yang ada di kota kita aja atau bahkan di sekolah, tapi kita juga bisa temenan sama orang-orang yang aslinya tinggal ribuan kilometer jauhnya dari tempat tinggal kita.

Bukannya mau sombong nih, tapi pengalaman penulis sendiri setelah ikut program pertukaran pelajar, penulis jadi bisa punya sahabat dari benua Amerika dan Eropa sana. Toh semakin besar jaringan pertemanan kita, pastinya semakin banyak juga peluang-peluang kehidupan yang bisa kita terima.

2. Membuka Wawasan dan Pikiran

Selain bisa nambah temen, pastinya dengan ikut program pertukaran pelajar ini, kita bakalan dapet banyak banget ilmu-ilmu baru. Semakin banyak kita ketemu orang, semakin sering juga kita tukar pikiran, semakin bertambah juga wawasan kita. Sayang banget kan kalo di era globalisasi ini kita cuma tau hal yang itu-itu aja. Ya bukannya nggak boleh mendalami suatu hal, tapi kalau ada kesempatan untuk mengembangkan diri sendiri, kenapa nggak?

Kayak kata temen kita Ailsa Bitha dari SMAN 64 Jakarta yang sekarang lagi di US lantaran ngikutin program dari Rotary International. Waktu ditanya motivasi ikut program ini, dia bilang “To think out of the box. Dari kecil sampe sebelum exchange kita cuma tau hal mendasar tentang dunia ini. Kita cuma tau beberapa negara kalo bukan karena perang ya karena bencana alam. Bahkan parahnya kita nggak tau apa yang terjadi di dunia ini.”

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest