Follow Us

Ngulik Cerita Di Balik Soundtrack Film Galih & Ratna. Semuanya Serba Kebetulan, Euy!

- Minggu, 26 Februari 2017 | 07:00
Ngulik Cerita Di Balik Soundtrack Film Galih & Ratna. Semuanya Serba Kebetulan, Euy!
Hai Online

Ngulik Cerita Di Balik Soundtrack Film Galih & Ratna. Semuanya Serba Kebetulan, Euy!

Ivan Gojaya alias Iponk dan Agustin Oendari alias Botin merupakan dua nama yang nggak bisa gitu aja kita jauhin dari sekeping CD soundtrack film Galih & Ratna. Wah kenapa tuh?

Yap! Soalnya, di film Indonesia terbaru yang mengusung dua karakter lawas nan ikonik –Galih dan Ratna– itu, musisi Iponk dan Botin ini telah sepakat buat “berduet” demi ngebikin beberapa materi soundtrack. Lantas hasilnya, dari banyak lagu yang terangkum dalam kesatuan soundtrack Galih & Ratna, ada lebih dari 4 lagu yang dikarang sama Iponk dan Botin. Plus, scoring dalam film garapan Lucky Kuswandi ini juga ternyata dibikin sama Iponk, lho!

Well, sebelum kita ngebahas cerita di balik soundtrack film ini, ngomong-ngomong, siapa, sih, dua sosok bernama Iponk dan Botin ini?

Yuk, kita kenalan sama mereka!

Pertama, sosok bernama Iponk tadi merupakan music composer dari film Galih & Ratna, sekaligus “langganan” dari Lucky Kuswandi. Eits, bukan langganan dalam arti macem-macem, bro! Langganan di sini maksudnya, setiap Lucky pengen bikin film baru, Iponk pasti selalu diajak buat ngebikin musiknya. Contohnya, buat film Lucky terdahulu berjudul Selamat Pagi, Malam, Iponk juga dilibatkan. Kedua, ada Agustin Oendari alias Botin yang merupakan partner bermusik Iponk. Botin mencipta lirik, sekaligus bisa bernyanyi.

“Jadi ceritanya, waktu itu aku masih di Amrik (Amerika, RED) lagi belajar. Udah gitu, Botin sempet bilang, mas Lucky katanya mau bikin film Gita Cinta di SMA versi zaman sekarang, katanya mau ngajakin aku juga. Wah, aku pikir becanda. Ah, pasti becanda,” buka Iponk waktu ditemui di Roemah Iponk Studio and Coffee House, Karawaci, Kamis (16/2) lalu.

Iponk kemudian ngelanjutin, dirinya dan Lucky emang udah sering kerja bareng. Cuma tetep aja, waktu Iponk dapet kabar kalo dia bakal diajakin bikin musik untuk Galih & Ratna, dia sontak kaget. Bukannya kenapa-kenapa, sih. Alasan dia nggak lain adalah, film yang dulunya dibintangi sama Rano Karno dan Yessy Gusman itu kan ikonik dan hits banget. Lantas masa iya musiknya mau diserahin ke Iponk? Begitu pikir cowok lulusan jurusan Musik di Universitas Pelita Harapan ini.

“Iya, pas balik ke sini, eh ternyata bener (diajakin). Aku sebenernya sempet ada rencana bulan lalu mau ke Amrik lagi, mau sekolah ambil S2. Cuma gara-gara film ini, jadi nggak jadi, hahaha,” terang Iponk cengegesan tapi kelihatan seneng.

Tadinya, sih, Iponk cuma diminta buat bikin scoring film aja. Tapi kemudian, Iponk malah ngusulin ke produser filmnya, buat sekalian bikin album soundtrack. Eh bener aja, usulan itu pun dikabulin setelah mereka ngelewatin berbagai proses yang bisa dibilang…serba kebetulan.

Salah satu contoh kebetulannya, adalah keterlibatan Sony Music Entertainment Indonesia. Ceritanya, waktu usulan bikin soundtrack tadi baru disampein sama Iponk, eh tiba-tiba Sony nggak keberatan buat ngerilis soundtrack-nya. Maka, terealisasilah usulan dari cowok berkacamata itu dalam wujud sekeping CD.

Dalam proses perancangan lagu, Iponk pun kemudian ngajak Botin yang emang udah klop banget sebagai partner bermusik. Ada beberapa lagu yang kemudian mereka ambil dari bank alias stok lagu mereka, ada juga beberapa lagu yang baru dibikin, khusus buat Galih & Ratna.

Nah, meski di CD soundtrack-nya nanti kita bakal menemukan nama-nama selain Iponk dan Botin, kayak GAC atau Rendy Pandugo, nyatanya Iponk dan Botin bilang kalo tadinya, semua lagu ciptaan mereka itu mereka sendiri yang nyanyiin. Cuma karena ada berbagai pertimbangan, akhirnya diajaklah orang-orang tadi untuk menyanyikan lagu-lagu bikinan Iponk dan Botin.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest