Follow Us

Cara Gampang Mengerjakan PR Susah

Rizki Ramadan - Senin, 03 Oktober 2016 | 06:19
Foto ilustrasi, menampilkan pelajar bekerja kelompok menyelesaikan tugas sekolah
Rizki Ramadan

Foto ilustrasi, menampilkan pelajar bekerja kelompok menyelesaikan tugas sekolah

Mengeluh soal tugas, sih, boleh aja. Tapi kalau sampe menyerah, duh, jangan deh. Malu sama kucing yang nggak pernah gentar nyoba nyebrang jalanan Jakarta. Tugas memang beban, dan akan selalu menjadi beban kalau kita nggak mengerjakannya.

Nyatanya, ada banyak juga tuh temen kita yang bisa bikin kita planga-plongo tiap hari karena dia nggak pernah bolos ngerjain tugas. Semua tugas dibabat habis. Dan mereka tetap terlihat bahagia, ya senggaknya nggak kelimpungan. Salah satu anak kayak gitu adalah Amanda Regita Maharani, siswi SMAN 5 Yogyakarta. Kita tanya-tanyain, yuk, tentang caranya menaklukan tugas ini.

HAI (H): Pertanyaan paling dasar dulu, nih. Bagi kamu apa, sih, arti tugas itu. Sampai-sampai kamu rajin banget ngerjainnya?

Amanda (A): Menurutku, tugas adalah suatu bentuk kewajiban kita sebagai siswa. Tugas harus dikerjakan apapun terjadi, mau itu tugasnya dinilai atau nggak.

H: Berapa lama waktu yang dipakai buat ngerjain tugas?

A: Nggak menentu sih, tapi yang jelas dalam sehari aku pasti ngerjain minimal satu tugas.

H: Kenapa bisa ngerjain semua tugas? Apa sih motivasinya? Emang rela yah waktu mainnya tersita? hehe

A: Bisa, dong. Karena aku pingin dapetin yang sempurna, jadi aku juga harus berusaha menggapai kesempurnaan itu. Nah, cara yang aku pegang teguh ya dengan rajin ngerjain tugas."

H: Anak kayak kamu gini, pernah kesel juga nggak pas ngerjain tugas? Kalau pernah, kapan dan apa alasannya?

A: Pernah. Biasanya waktu ngerjain tugas kelompok. Aku selalu dianggap pintar sama teman-teman lain, trus mereka bergantung ke aku. Padahal kerja kelompok harusnya saling melengkapi, tapi akhirnya selalu aku yang jadi peran utama di dalam kelompok itu. Awalnya sih oke aku bisa nerima, tapi lama-lama aku ngerasa kesel gitu.

H: Berarti keselnya bukan karena guru kebanyakan ngasih tugas ya?

A: Iya, jelas bukan salah guru. Menurutku, kalau guru ngasih tugas ya wajar aja, secara kan itu emang hak guru. Sebaliknya, murid punya kewajiban buat ngerjain tugas, sebagai tanda bakti kita sama guru. Toh, dengan ngerjain tugas bisa bikin kita lebih ngerti materi pelajaran dan ningkatin nilai kita.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest