Follow Us

Jangan sering marah-marah, inilah dampaknya negatifnya pada tubuh kamu

Dimas Yulian - Jumat, 30 September 2016 | 05:30
Ilustrasi Marah
Dimas Yulian

Ilustrasi Marah

Buat kamu yang suka marah-marah, mendingan mulai dikurangin deh dari sekarang. Marah dan frustasi nggak hanya akan merusak mental, tapi juga merugikan kesehatan kamu secara keseluruhan. Seperti dilansir dari Kompas.com inilah dampak negatif yang terjadi pada tubuh kamu saat sedang marah:

Otak

Saat kamu marah, nggak hanya darah kerasa mendidih tapi juga bisa bikin aliran darah jadi menggumpal, nah lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, risiko stroke iskemik yang disebabkan karena menggumpalnya darah yang naik sampe tiga kali lipat dua jam selesai kita marah.

Punggung

Emosi marah yang pasif atau ketahan juga bisa berdampak buruk lho. Dampak paling terasa adalah bikin sakit di bagian belakang tubuh kamu.

Sebuah studi dalam jurnal Emotions menyebutkan kalo berpaling atau menghindar dari masalah tetapi masih memendam marah bakalan meningkatkan resiko nyeri punggung, kaku otot, dan sakit leher.

Paru-Paru

Masih menurut studi dari Harvard University, mereka yang sering mengalami kemarahan hebat akan berisiko mengalami pengurangan fungsi paru-paru. Para ahli percaya kalo kemarahan bisa bikin jalan napas nggak lancar hingga fungsi paru-paru pun dirugikan

Jantung

Studi dari University of California di Berkeley menyatakan kalo mereka yang menghadapi konflik dengan marah lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi, nyeri dada, dan masalah kardiovaskular.

Sementara itu menurut studi yang dimuat di European Heart Jurnal, kehilangan control emosi bisa bikin kamu 8,5 kali lebih berisiko serangan jantung dua jam setelah ledakan marah.

Kulit

Studi yang dilakukan oleh National eczema association mengatakan kalo kemerahan pada kulit yang kerap muncul saat seseorang sedang marah dapat membuat masalah dermatitis atopik kambuh lho.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest