Follow Us

Bukannya Bisa Menyelesaikan, Kebanyakan Pelajar Malah Ngerasa Dikerjain PR Sekolah.

Rizki Ramadan - Sabtu, 07 April 2018 | 12:50
foto ilustrasi, menampilkan pelajar sedang kesusahan mengerjakan tugas sekolah
Rizki Ramadan

foto ilustrasi, menampilkan pelajar sedang kesusahan mengerjakan tugas sekolah

HAI-online.com - Tugas sekolah. Duh monster yang satu ini selalu jadi penyebab terenggutnya kebahagiaan manusia berseragam putih abu-abu nih, guys. Gimana nggak, mulai dari zaman dinoaurus sampai sekarang tingkat jumlah dan kesulitannya nggak pernah berkurang. Bahkan selalu nambah. Guru-guru, kok, doyan amat yah, ngasih tugas.

Walau pun itu cuma satu-dua lembar atau sampe setebal skripsi; walau cuma bisa beres dalam lima menit atau butuh semedi lima hari dulu. Nggak diselesain bikin ketinggalan dan nilai terancam, kalau dikerjain bikin kita harus merelakan waktu leha-leha mantengin YouTube, les trampolin, kemping kekinian ke gunung Prau, dan ehem, ngapel ke rumah si doi.

Kita tengok nih ceritanya Berliana dari SMAN 5 Surabaya. Dalam satu hari, dia bisa dapet tiga sampai empat tugas. Udah gitu, deadline pengumpulannya pun suka-suka gurunya. Ada yang besokannya udah mesti dikumpul di meja si guru. Ada yang agak baik dengan ngasih tenggat seminggu.

Ditanya masalah rekor, doi dengan pasrah cuma jawab, “Aku pernah dapet lima tugas, bahkan pernah dapet tugas sejumlah pelajaran hari itu. Jangankan tugas, ulangan dan tugas semua pelajaran dalam sehari aja pernah.”

Wah, Berliana butuh puk-puk, nih, kayaknya. #saveberliana

Nggak salah deh kalau tugas tuh disebut sebagai monster yang menghantui. Berliana aja ngaku kalau begadang demi tugas sekolah itu udah jadi suatu kebiasaan, tuh. Mata panda di pagi harinya nggak terelakkan.

Soal pengerjaan, temen kita yang satu ini punya jurus jitu buat tiap tugas dan waktu yang diperluinnya “Paling cepet lima menit, pas menit kelima sebelum dikumpulin. Paling lama pernah 3 hari.” ucapnya gak kalah memelas dari kucing pasar.

Walau udah dapet banyak gitu, nyatanya tugas sekolah tuh nggak seratus persen memicu semangat belajar. Berliana aja sering tuh, nyalin tugas temennya kalau udah nggak sempet (baca: males) ngerjain tugas sendiri. Dude! It’s based on true story banget.

Nggak usah sok suci, deh. Hehe. Lo pasti pernah melakukan serangan fajar alias ngerjain tugas baru pagi-pagi sebelum tugas itu dikumpul, kan? Ya, tiap pagi, emang selalu ada tuh pemandangan sejumlah anak yang ngegerombol di satu meja, untuk nyontek tugas.

"Buat apa tugas, ujung-ujungnya copas (copy-paste)," aku Berliana sambil senyum kaku.

Lain dari Berliana, cowok yang satu ini punya pendapat yang justru mengagetkan. Namanya Akmal, sekolah SMA yang nggak jauh jauh dari temen kita sebelumnya, SMAN 9 Surabaya. Waktu ditanya kewalahan atau nggak dengan tugasnya, doi cuma senyum sambil jawab sekenanya, "Nggak lah, kan kewajiban."

Wow!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest