Follow Us

Homestay Murah di Jepang, Hati-Hati Kamu Tinggal di Rumah Hantu!

- Rabu, 22 Juni 2016 | 03:45
jiko bukken, rumah hantu di Jepang
Hai Online

jiko bukken, rumah hantu di Jepang

Pasalnya saat ini di Jepang ternyata ada sekitar 40.000 lokasi rumah hantu di berbagai lokasi karena berbagai hal, antara lain karena penghuninya bunuh diri.

"Di Jepang ada sekitar 40.000 lokasi rumah hantu (jiko bukken) dan semua itu menurut aturan harus dituliskan dalam informasi rumah apabila dijual selama empat tahun berturut-turut," kata Teru Oshima, ahli jiko bukken Jepang yang terkenal seperti dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (21/6) kemarin.

Rumah hantu tersebut antara lain karena penghuni lama pernah bunuh diri, atau ada keluarganya bunuh diri, meninggal begitu saja tidak ada yang mengetahui selama beberapa waktu karena tak ada keluarga yang tinggal dan tak ada teman dekat sehingga tak ada yang tahu kalau penghuninya meninggal di sana, atau ada yang dibunuh.

"Properti jiko bukken tersebut biasanya mudah diketahui dari harganya yang menjadi sangat murah," tambahnya.

Misalnya saja ada rumah di Perfektur Kanagawa dengan luas 4 LDK seharusnya dijual dengan harga pasar sekitar 13,8 juta tetapi dijual hanya dengan harga 5,8 juta yen.

Demikian pula mansion Iwatsuki yang terjual 10 Mei 2016 lalu di daerah Midoriku, Asumigaoka 6-chome Kota Chiba, tetangga Tokyo dengan luas 527 meter persegi, terjual 11,1 juta yen. Padahal harga pasarnya bisa mencapai 50 juta yen.

Di kedua tempat tersebut di masa lalu ada yang bunuh diri dan pembunuhan sehingga menyeramkan dan tak ada yang mau tinggal di sana lagi.

Teliti Dulu!

Informasi jual beli properti di Jepang sesuai UU harus mencantumkan informasi jiko bukken tersebut, meskipun tidak perlu menuliskan rinci seperti ada pembunuhan dan sebagainya.

Cukup ditulis "jiko bukken" maka calon pembeli sudah mengerti sendiri dan biasanya langsung menghindari properti tersebut.

Untuk menjual agar harga bisa tinggi kembali, selain menantikan 4 tahun, info jiko bukken bisa dicopot dari data base komputer jual beli tanah di Jepang (database terkait network satu sama lain se-Jepang), juga dilakukan renovasi atas properti tersebut sehingga kelihatan baru dan menarik.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest