Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Kisah Logo Nike yang Dibuat Mahasiswa Perempuan dengan Bayaran US$ 35 Aja!

Al Sobry - Kamis, 28 April 2016 | 02:30
Nike Air Max
Hai Online

Nike Air Max

Tahu nggak sih logo Nike yang terkenal itu awalnya didesain seorang mahasiswa perempuan dimana logo centang itu dibeli seharga US$ 35 atau sekitar Rp. 470.000,- pada zaman itu.

Adalah Carolyn Davidson, mahasiswi seni grafis di Portland State University yang membuat logo “Swoosh” yang ada di sepatu NIKE saat perusahan pakaian olahraga ini mulai menjalankan bisnisnya. Carolyn pada saat itu lagi mencari kerja sampingan, dia lagi nggak punya uang untuk ngambil ol painting class.

Kebetulan, dia berkenalan dengan Phil Knight, salah satu pendiri NIKE yang iseng ngobrol-ngobrol bareng mahasiswa desain grafis. Phil mengaku lagi sama-sama sedang menjalankan usaha sampingan juga yaitu menjual sepatu bersama pelatih larinya, Bill Bowerman di Universitas Oregon pada 1964.

Phil yang saat itu masih mengajar sebagai asisten profesor di bidang akuntansi menjalankan bisnis bersama Blue Ribbon Sports, prekursor untuk Nike. Blue Ribbon Sports adalah distributor utama sepatu Onitsuka Tiger dari Jepang. Phil menjual sepatu dengan cara berkeliling.

Tahu ada mahasiswa yang butuh kerjaan, Phil kemudian mendekatinya dan bertanya apakah dia bakal tertarik membuat beberapa grafis untuk bisnisnya? Phil menawarkan bayaran kerja US $ 2 per jam untuk satu kali kerja.

Carolyn menerima tantangan tersebut. Dia bekerja untuk Blue Ribbon Sports, sebagian besar kerjaannya adalah membuat grafik dan desain produk alam. Beberapa tahun kemudian, Phil memutuskan sudah waktunya untuk mengembangkan bisnisnya ke tingkat berikutnya. Dia pun bergerak menjauh dari sekedar distributor AS dari sepatu lari Jepang dan mulai memproduksi dan menjual lini sepatu sendiri.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x