Follow Us

Heboh Aja, Mumi Berusia 1500 Tahun Pakai Sepatu “Adidas”?

- Jumat, 15 April 2016 | 08:30
Mumi aja pakai sepatu adidas?
Hai Online

Mumi aja pakai sepatu adidas?

Sebuah Mumi perempuan ditemukan oleh sejumlah arkeolog di situs purbakala Mongolia. Bukan suatu kejutan memang, sebab daerah tersebut terdapat banyak peninggalan mumi yang usianya mencapai ratusan bahkan ribuan tahun.

Akan tetapi, para peneliti menemukan satu mumi berusia 1.500 tahun yang menyisakan tangan dan kaki perempuan di pegunungan Altai. Dikutip dari The Sun, tampilan alas kaki yang terbuat dari kulit itu memiliki 3 strip di sisinya itulah yang akhirnya mengundang kehebohan di dunia maya, setelah fotonya tersebar di kalangan netizen.

Menurut mereka, mumi jaman dulu itu sudah lebih gaya, karena menggunakan sepatu buatan Jerman bermerk “adidas”. Sebagian mengira, bahwa ini adalah bukti adanya perjalanan dengan mesin waktu?

“Tidak menyangka ada Adidas di masa itu…” tulis seorang pengguna Live Leak mengomentari foto tersebut.

Seorang lainnya bertanya-tanya, “Wah, mumi itu sungguh memakai Adidas di gambar pertama, ya?” katanya penasaran.

*dugaan sepatu yang digunakan

Tentu alas kaki itu diduga hanya sebuah kemiripan, dan bukan benar-benar sepatu Adidas. Namun para arkeolog tetap menelitinya, sebab mumi perempuan yang dimaksud adalah bagian dari budaya pemakanan Turkik.

Pemakaman Turkik pertama kalinya ditemukan di Asia Tengah, dan katanya fenomena ini akan dapat menyingkap sejumlah rincian mengenai kehidupan purba Mongolia pada masa itu. Biasanya, jasad itu dikuburkan bersama dengan barang-barang seperti pelana, kekang, vas tanah liat, mangkuk kayu, palungan, ketel besi, dan bahkan seekor kuda utuh.

B. Sukhbaatar, seorang peneliti di Museum Khovd mengatakan kepada Siberian Times, “Hal ini adalah fenomena yang sangat langka. Temuan ini menceritakan kepada kita adanya kepercayaan dan upacara kaum Turkik.”

“Kita dapat melihat dengan jelas bahwa kudanya sengaja dikorbankan, yang masih anakan, berusia antara 4 dan 8 tahun," tambah dia.

Yang menarik, lanjut Sukhbaatar adalah timnya menemukan bahwa bukan hanya wol domba saja yang dipakai mendiang_yang ikut dikuburkan, tapi juga wol dari kulit unta.

“Kita bisa menduga tanggal penguburan berdasarkan benda-benda yang ditemukan di sini dan juga jenis topinya. Hitungannya memberi dugaan tanggal sekitar Abad ke-6 Masehi.” Ungkapnya.

So, belum dapat dipastikan sih, itu merek sepatu apa?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest