Follow Us

Sulit Ngatur Keuangan? Ikuti 4 Langkah 'Kakeibo' Seni Menabung Ala Jepang Ini

Alvin Bahar - Kamis, 03 November 2022 | 18:05
Sulit Mengatur Keuangan? Ikuti 4 Langkah
Freepik.com

Sulit Mengatur Keuangan? Ikuti 4 Langkah

HAI-Online.com - Bagi kalian yang masih bingung atau sulit mengatur keuangan, sepertinya seni menabung ala Jepang "Kakeibo" ini bisa jadi solusinya.

Melansir Japanesestation, Kakeibo merupakan kata dalam bahasa Jepang, yang dalam bahasa Indonesianya menjadi buku rekening rumah tangga. Dalam maknanya merupakan cara melakukan pencatatan keuangan secara manual, hal ini dimaksudkan untuk tetap pada anggaran dan mencapai tujuan keuangan.

Nah cek langsung nih cara dalam menerapkan Kakeibo,

Langkah 1: Lakukan Review Tahunan

Pertama kalian harus tau gambaran umum tentang pendapatan dan pengeluaran untuk tahun mendatang. Pada bagian ini, catat pengeluaran yang mungkin terjadi hanya sekali dalam setahun, contohnya biaya pergi liburan atau asuransi mobil.

Kalian bisa membandingkan pengeluaran tahun sebelumnya untuk mendapatkan gambaran pengeluaran tahunan ini. Kemudian pikirkan juga rencana apa yang bakal dicapai selama setahun ini, apakah ada event besar dalam hidup yang membuat kalian mengeluarkan biaya banyak atau nggak. Ini yang harus kalian pikirkan juga.

Langkah 2: Buat Rencana Belanja Bulanan

Dua pertanyaan bakal dijawab pada bagian ini yaitu, 1. Berapa banyak uang yang akan masuk? Catat sumber pendapatan untuk bulan tersebut.2. Berapa banyak uang yang akan keluar? Catat pengeluaran tetap bulan seperti biaya sewa, listrik, tagihan, asuransi kesehatan, dan lainnya.

Kurangi biaya tersebut dari pendapatan kalian untuk mengetahui berapa sisa uang yang dimiliki. Selanjutnya, pikirkan tentang target menabung bulan ini. Kemudian, biaya kalian menabung bisa dikurangi dari jumlah pendapatan.

Setelah mengetahui gambaran besar pembelanjaan tahunan dan bulanan, sekarang saatnya untuk menganalisis pembelanjaan mingguan. Untuk menentukan berapa banyak yang harus dikeluarkan setiap bulan, ambil jumlah uang yang tersisa setelah mengurangkan target tabungan.

Kemudian, bagi jumlah tersebut dengan jumlah seminggu dalam sebulan, mengingat beberapa bulan memiliki lima minggu. Jumlah yang didapatkan adalah berapa banyak yang dapat digunakan dalam aktivitas keuangan setiap minggu.

Baca Juga: Apa Sih Arti Cuping yang Lagi Rame di Media Sosial? Cek juga Asal Usulnya

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular