Follow Us

Hapus Tatto Berbahaya Nggak, Sih?

- Selasa, 26 Mei 2015 | 04:25
Hapus Tatto Berbahaya Nggak Sih
Hai Online

Hapus Tatto Berbahaya Nggak Sih

#JustAsk kali ini ada yang menanyakan kira-kira kalau menghapus tato di tubuh akan berbahaya tidak ya? Mari kita periksa jawaban dari berbagai sumber!

HAI, kebetulan gue mau daftar Akpol nih selepas lulus nanti, nah gue lihat salah satu syaratnya, nggak boleh punya tato. Masih ada beberapa waktu nih buat ngilangin. Tapi kira2 bahaya nggak sih? Truz ada resikonya nggak? Gue kaga ada uang bnyk juga nih buat ngilanginnya.

Mana, bikin tato di punggung ini gue backstreet dr ortu. Nggak gede bgt sik tatonya. Ada info nggak? Tempat ilangin tato yg murah dan aman?

Wendy via e-mail

Jawaban dari dr. Kemal N. Siregar Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) sih berat, tapi tetap ada solusinya kok!

Waduh, ini pertanyaan berat bagi seorang dokter, karena ini berada di luar persoalan penyakit. Sebab untuk masalah ini, lebih berkaitan dengan gaya hidup sih! Tapi betul sekali, Wendy, untuk daftar Akademi Kepolisian (Akpol) ada persyaratan semacam itu, terutama kesehatannya, termasuk kondisi jasmani.

Sepengetahuan saya yang terbatas, selain oleh luasnya atau kecilnya, mudah atau sukarnya tatto dihilangkan, tergantung sedalam apa pewarnaan itu masuk dalam permukaan kulit kamu.

Contohnya, ketika membuat tatto permanen, gambar atau warnanya ingin terlihat jelas, sehingga proses pembuatannya akan panjang. Maka proses untuk menghilangkannya juga akan lama.

Secara umum, tatto permanen sulit untuk dihilangkan, _lagian saat ambi keputusan untuk permanen (tetap) pasien sudah yakin betul nggak mau menghapusnya, bukan? Tapi untuk menghapus bekasnya, ya kembali lagi harus dilihat terlebih dahulu sejauh mana kedalaman tatto itu dibuat, atau sejauh mana warnanya masuk ke kulit.

Akan berbahaya jika ingin menghilangkan bekas tatto permanen, karena saat membuat tatto permanen itu sendiri, jarum tattoo permanen ditusuk hingga ke dalam kulit, dan apabila menghilangkan bekasnya, berarti mengganti kulit. Serem kan?

Disarankan, jika ingin menghilangkan bekas tattoo permanen, maka ingat dulu waktu membuat tatto itu, dimana? Dan kalau memang ingat di tempat ahlinya, kembalilah ke sana untuk mencari tahu lebih lanjut. Dan untuk menghilangkan bekas tatto tergantung jenis itu sendiri.

Untuk tatto yang non-permanen mungkin akan mudah menghilangkannya, namun untuk tatto permanen, akan lebih baik dikonsultasikan ke dokter kulit. Dokter kulit merupakan alternatif dari masalah kamu. Dokter kulit adalah orang yang paling mengerti mengatasinya, sebab, akan dilihat dari lapisan-lapisan kulit mana yang terkena tattoo dan sangguo di-removal.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest