Follow Us

Adaptasi Teknologi Imersif, SMA dan SMK di Bali Belajarnya Pake Virtual Reality!

Tanya Audriatika - Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:05
Murid SMAN 4 Denpasar belajar menggunakan VR secara berkelompok.
kominfo.go.id

Murid SMAN 4 Denpasar belajar menggunakan VR secara berkelompok.

HAI-Online.com - Guru-guru di SMA dan SMK di Bali mulai adopsi teknologi imersif berupa virtual reality (VR) dalam proses pembelajarannya.

Salah satu sekolah yang menerapkan yakni guru SMAN 4 dan SMKN 1 Denpasar, Bali.

“Antusiasme belajar murid meningkat saat menggunakan VR tersebut. Murid menjadi lebih bersemangat karena bisa merasakan hal-hal yang susah mereka dapatkan secara langsung di dunia nyata,” ujar Guru SMAN 4 Denpasar, Dewa Made Yuda Andika, dilansir dari Kominfo, Rabu (5/10/2022).

Dewa menambahkan, adopsi teknologi VR ini juga membantu gaya belajar murid yang punya minat dan bakat kinestetik agar lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

“Selain VR, harapannya selalu ada inovasi teknologi yang dapat membantu proses belajar mengajar seiring dengan dinamisnya perkembangan zaman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Denpasar, I Ketut Suparsa mengungkapkan kalau pemanfaatan teknologi VR membantu murid dalam melakukan simulasi praktik saat belajar.

Baca Juga: Siswa SMA Asal Sumbar Bikin Helm Anti Ngantuk! Begini Cara Kerjanya

“Misalnya, murid jurusan teknik dapat melakukan simulasi tanpa menggunakan alat asli namun tetap mendekati aslinya, sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan praktik,” terangnya.

Ketut menjelaskan, saat ini belum semua pelajaran menggunakan VR, karena perlu membuat modul untuk masing-masing pelajaran yang memakai alat tersebut.

Nantinya pihaknya bakal berusaha agar VR tersebut dapat digunakan di semua pelajaran.

“Karena adopsi teknologi ini bantu meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah, jadi kami bakal terus mencoba mengoptimalkan penggunaannya,” jelasnya.

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata Ditjen Aptika, Dikki Rukmana menjelaskan kalau Direktorat Ekonomi Digital Kemkominfo berikan alat VR pada perwakilan sekolah di Bali untuk mengadopsi teknologi 4.0 dalam belajar mengajar.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest