Follow Us

Program Pre-University UI Dibuka! Cocok Buat Pelajar SMA yang Kepo Rasanya Kuliah di UI!

Tanya Audriatika - Senin, 03 Oktober 2022 | 15:05
Universitas Indonesia (UI)
Kompas.com

Universitas Indonesia (UI)

HAI-Online.com - Universitas Indonesia (UI) resmi buat program Pre-University (Pre-U) 2022 untuk siswa SMA/SMK, lulusan SMA yang lagi gap year mahasiswa S1-S2.

Adapun program Pre-U UI ini tujuannya agar peserta lebih paham prodi yang bakal dipilih nanti ketika kuliah di UI.

Caranya, lo tinggal ikut kuliah online untuk Mata Kuliah (MK) yang dipilih waktu Pre-U dan dapat credit earning atau SKS.

SKS ini bisa jadi tabungan lo di program Pre-U, sehingga ketika lo diterima di UI, lo nggak perlu ambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U.

Tapi dengan catatan ya, program ini cuman bisa di credit earning-kan pada jenjang siswa sekolah seperti SMA/SMK dan lulusan S1.

Direktur CIL UI, F. Astha Ekadiyanto menjelaskan, peserta program Pre-U bisa ikut kegiatan perkuliahan online lewat Center For Independent Learning (CIL) UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya.

"Sejak program Pre-U dibuka, respon calon peserta sangat antusias dengan adanya program Pre-U ini. Total sekitar 800 peserta yang saat ini sedang mengikuti program tersebut,” ujar Astha dilansir dari Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Mahasiswa FIK UI Bikin Permen Canggih untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Cara daftar program Pre-University UI

Astha menambahkan, pendaftaran Pre-U UI dibuka tergantung dari mata kuliah yang ditawarkan dan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik.

Peserta Pre-U yang sudah mengumpulkan mikro-kredensialnya hingga maksimal 3 tahun dapat mengikuti seleksi masuk UI ke program studi yang diminati.

Ketika diterima jadi mahasiswa UI, maka lo bakal memperoleh pengakuan atas mikro-kredensialnya lewat sistem credit earning/Satuan Kredit Semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular